Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi, Calon Mahasiswa Perlu Tahu Ini

Jum'at, 26 Mei 2023 - 09:04 WIB
loading...
Perbedaan Jurusan Ilmu Komputer dan Sistem Informasi,  Calon Mahasiswa Perlu Tahu Ini
Jurusan Ilmu Komputer. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ilmu Komputer dan Sistem Informasi adalah dua jurusan yang seringkali disamakan. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Untuk para calon mahasiswa baru , perlu memperhatikan perbedaan antara kedua jurusan tersebut supaya tidak salah dalam menentukan pilihan saat kuliah nanti.


Berikut perbedaan antara ilmu komputer dan sistem informasi:


1. Tujuan

Jurusan ilmu komputer memiliki tujuan untuk fokus mempelajari perangkat lunak (software) sekaligus perangkat keras (hardware). Sedangkan sistem informasi, fokus pada pengolahan informasi dengan tujuan efektifitas dan efisiensi sistem dalam suatu proses bisnis.

2. Lingkup Pembahasan

Ilmu komputer lebih menekankan pada pemrograman dan teknologi komputer. Sementara itu, jurusan sistem informasi lebih menekankan pada manajemen informasi dan bisnis.

3. Mata Kuliah

Jurusan ilmu komputer bekerja secara menyeluruh hingga merancang pemrograman yang menjadi dasar pengembangan software, pemutakhiran aplikasi berbasis kecerdasan buatan, robotika, bioinformatika, pengolahan informasi multimedia, keamanan jaringan, data mining, pengolahan big data/data science, dan lain sebagainya.

Sementara, sistem informasi mencakup fondasi bidang bisnis, dengan mata kuliah yang terdiri dari administrasi bisnis, prinsip-prinsip manajemen sistem informasi, sistem informasi akuntansi, sistem-sistem perusahaan, pemrograman skala perusahaan, dan lain sebagainya.

4. Prospek Kerja

Lulusan ilmu komputer lebih cocok untuk bekerja di bidang pengembangan software. Sedangkan lulusan sistem informasi lebih cocok untuk bekerja di bidang manajemen informasi dalam suatu organisasi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)