Ada Beasiswa Penuh bagi Camaba dari 3T di ITB, Berikut Infonya

Selasa, 30 Mei 2023 - 07:30 WIB
loading...
Ada Beasiswa Penuh bagi Camaba dari 3T di ITB, Berikut Infonya
ITB menyediakan program Dukungan Daerah 3T untuk calon mahasiswa dari kawasan 3T. Foto/Dok/ITB.
A A A
JAKARTA - ITB menyediakan jalur penerimaan mahasiswa baru khusus calon mahasiswa baru dari kawasan 3T. Jalur tersebut bernama Program Dukungan Daerah 3T.

Hal ini disampaikan Institut Teknologi Bandung (UTB) melalui Sosialisasi Edisi ke-3: Program Strategis Nasional, Dukungan Daerah 3T dan Beasiswa Seleksi Mandiri ITB 2023 yang disiarkan secara langsung dari Observatorium Bosscha, Lembang, Jawa Barat.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring menyampaikan, ITB memberi dukungan penuh untuk mengembangkan potensi putra-putri bangsa dari seluruh daerah di Indonesia.

Dia menyampaikan pesan, kepada calon mahasiswa ITB untuk mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam mengikuti proses seleksi penerimaan mahasiswa baru ITB.

Sementara Direktur Direktorat Pendidikan ITB Dr. Techn. Ir. Arief Hariyanto menjelaskan latar belakang dirancangnya Program Dukungan Daerah 3T. "Program ini adalah keinginan ITB untuk menemukan potensi putra-putri terbaik bangsa yang mungkin masih kesulitan mengakses pendidikan," dikutip dari laman ITB, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: Pendaftaran Beasiswa Tanpa IELTS/TOEFL ke Rumania Dibuka, Kuliah Gratis dan Tunjangan Besar

Oleh karena itu, PTN yang dipimpin Rektor Prof Reini Wirahadikusumah ini berkomitmen untuk memberikan beasiswa penuh melalui program tersebut. Tak hanya itu, ITB juga mengusung Program Strategis Nasional sebagai dukungan terhadap ketahanan nasional.

Dia menjelaskan, program Dukungan Daerah 3T dan Program Strategis Nasional ini menjadi bagian dari Seleksi Mandiri ITB (SM ITB). Seleksinya menggunakan capaian akademik di SMA, hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), dan ujian akademik ITB. Kemudian ada ujian keterampilan bagi peserta yang mendaftar Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Ujian akademik terdiri dari ujian Matematika dan ujian Fisika, namun peserta yang mendaftar Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) dan FSRD hanya mengikuti ujian Matematika.

Kepala Subdirektorat Administrasi Penerimaan Mahasiswa ITB Irvan Christiawan menjelaskan proses seleksi mahasiswa baru melalui SM ITB. Pada jalur penerimaan ini terdapat dua kategori peserta, yakni peserta reguler dan peserta program beasiswa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)