6 Kementerian yang Menjadikan TOEFL Sebagai Syarat Pendaftar CPNS

Selasa, 30 Mei 2023 - 17:31 WIB
loading...
6 Kementerian yang Menjadikan TOEFL Sebagai Syarat Pendaftar CPNS
Syarat TOEFL CPNS menjadi faktor penting dalam rekruitmen yang digunakan sejumlah kementerian. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Syarat TOEFL CPNS menjadi faktor penting dalam rekruitmen yang digunakan sejumlah kementerian . Pelamar harus memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL .

Skor minimal TOEFL setiap kementerian tidak selalu sama. Penentuan skor minimal TOEFL bergantung pada aturan yang sudah menjadi ketetapan masing-masing instansi kementerian.


Berikut enam instansi kementerian yang menjadikan TOEFL sebagai syarat pendaftar CPNS:

1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Sejumlah formasi pada kementerian ESDM diketahui telah mewajibkan sertifikat TOEFL bagi para pendaftarnya. Skor minimal agar bisa diterima di kementerian ini adalah 450 atau setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL.

2. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Syarat mempunyai sertifikat TOEFL juga diberlakukan kepada para pelamar CPNS di beberapa formasi Kemenkominfo. Sertifikat tersebut harus diambil dalam kurun waktu maksimal 2 tahun sejak diterbitkan.

Skor minimal dari beberapa formasi Kominfo di antaranya TOEFL Prediction minimal skor 400, TOEFL IBT minimal skor 32, TOEFL ITP/PBT minimal skor 400 dan TOEFL CBT minimal skor 97.


3. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Kementerian PUPR memiliki banyak formasi yang menjadi sertifikat TOEFL sebagai syarat bagi para pendaftar seleksi CPNS. Beberapa minimal skor yang harus dimiliki sebelum mendaftar seperti TOEFL ITP minimal 450 dan IBT minimal 53.

4. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA)

Saat ini PPPA sudah menerapkan syarat sertifikat TOEFL di semua jabatannya dengan skor minimal 400 atau setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL dan 45 pada Internet Based TOEFL.

5. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Berbeda dengan kementerian yang lainnya, Kementerian Luar Negeri telah menetapkan nilai minimal yang lebih tinggi yaitu 550 untuk TOEFL PBT/ITP/EPT dan TOEFL Prediction. Sedangkan skor TOEFL Minimal untuk TOEFL IBT 80 dan TOEFL CBT minimal 214.

6. Kementerian Perindustrian

Kementerian Perindustrian merupakan salah satu kementerian negara yang telah banyak membuka formasi CPNS dengan syarat sertifikat TOEFL. Persyaratan ini dikhususkan untuk para pelamar dengan jabatan guru, dosen maupun jabatan yang berada di Direktorat Jenderal Ketahanan.

Skor minimal untuk formasi guru dan dosen di Kementerian Perindustrian adalah 475. Sedangkan TOEFL minimal 500 untuk formasi di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5258 seconds (0.1#10.140)