UPER Gandeng 2 Kampus Terbaik Jepang Kembangkan Sustainable Energy

Selasa, 30 Mei 2023 - 19:02 WIB
loading...
UPER Gandeng 2 Kampus Terbaik Jepang Kembangkan Sustainable Energy
Penandatanganan nota kesepahaman antara UPER dengan Tokyo University dan Kyushu University. Foto/Dok/UPER
A A A
JAKARTA - Universitas Pertamina (UPER) sebagai kampus teknologi dan bisnis berorientasi energi, menggandeng dua perguruan tinggi terkemuka Jepang untuk bersama mengembangkan sustainable energy dan mengurangi emisi.

"Center of excellence Universitas Pertamina bekerja sama dalam riset energi terbarukan , CCS-CCUS, pertukaran pengalaman dan riset akademik, serta pertukaran ilmuwan dengan Tsuji lab dari University of Tokyo dan laboratory of energy resources engineering dari Kyushu University," ujar Rektor Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Wawan Gunawan A. Kadir, MS yang juga selaku Head of CoE CCS-CCUS Indonesia.



Ketiga pihak, lanjut Prof. Wawan, juga sepakat untuk bersama mengembangkan Sustainability Center Universitas Pertamina.

"Lembaga ini didesain untuk menelurkan riset akademis dan praktis di bidang keberlanjutan, dan membentuk generasi yang sadar akan keberlanjutan," kata Prof. Wawan dalam kegiatan penandatangan kerja sama di kantor Pertamina East Asia Representative, Tokyo, Jumat (26/5/2023).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Salyadi Saputra selaku Direktur Strategi, Portofolio, & Pengembangan Usaha (SPPU) PT Pertamina (Persero), Agus Mashud S. Asngari, President Director Pertamina Foundation, Fuadi Arief Nasution, Head of Pertamina Representative East Asia, Prof. Tsuji Takeshi dari Tokyo University dan Prof. Dr. Yasuhiro Yamada dari Kyushu University.

Dalam kesempatan itu, Salyadi menyampaikan dukungan Pertamina dalam kerja sama Universitas Pertamina dengan perguruan tinggi Jepang.



"Pertamina mendukung penuh kerja sama pengembangan bidang geothermal, CCS, sustainable chain management dan sustainable center oleh ketiga perguruan tinggi. Pertamina memiliki banyak lapangan migas yang silahkan dimanfaatkan sebagai lokasi riset," tutur Salyadi.

Sementara itu Prof. Tsuji Takeshi menekankan kerja sama pada bidang spesifik carbon neutral untuk pengurangan emisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4665 seconds (0.1#10.140)