Mengenal Jurusan Kuliah Ilmu Perpustakaan dan Prospek Kerjanya

Kamis, 01 Juni 2023 - 15:52 WIB
loading...
Mengenal Jurusan Kuliah Ilmu Perpustakaan dan Prospek Kerjanya
Jurusan Kuliah Ilmu Perpustakaan menjadi salah satu program studi yang masih belum dipahami banyak orang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Jurusan Kuliah Ilmu Perpustakaan menjadi salah satu program studi yang masih belum dipahami banyak orang. Padahal prospek yang ditawarkan dunia kerja untuk jurusan kuliah ini cukup luas.

Kebanyakan orang menganggap bahwa jurusan Ilmu Perpustakaan hanya memiliki prospek kerja di perpustakaan saja.


Pengertian Jurusan Kuliah Ilmu Perpustakaan

Dilansir dari laman Universitas Brawijaya, Ilmu Perpustakaan adalah jurusan yang mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengkomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital.

Tidak hanya itu, jurusan kuliah ini juga melibatkan banyak keahlian tentang informasi teknologi, manajemen, dan pendidikan untuk mengumpulkan, merapikan dan menyimpan data.

Sehingga setiap lulusan Ilmu Perpustakaan nantinya akan dibekali keahlian dalam mengumpulkan informasi dan menganalisisnya untuk mengetahui asal informasi itu, mengidentifikasi kata kunci, hingga mencari tahu kemungkinan adanya plagiarisme dalam tulisan.

Seiring berkembangnya zaman, urusan-urusan yang berkaitan tentang mengelola data dan informasi mulai menggunakan teknologi modern.

Membuat lulusan jurusan ini kehilangan tajinya di dunia kerja. Untuk mengimbangi hal tersebut, kini jurusan Ilmu Perpustakaan lebih memfokuskan pada penggunaan teknologi dalam mengelola informasi.

Hal inilah yang membuat jurusan Ilmu Perpustakaan masih eksis di masa sekarang. Bagi calon mahasiswa yang tertarik dengan jurusan kuliah ini sebaiknya memiliki kemampuan di bidang informasi teknologi.

Selain melek teknologi, calon mahasiswa juga harus terbiasa dengan ketelitian dan kerapian dalam mengelola data. Karena itu akan termasuk ke dalam etika kepustakaan.


Prospek Kerja Jurusan Kuliah Ilmu Perpustakaan

Para lulusan Ilmu Perpustakaan nantinya dapat bekerja sebagai sebagai pustakawan di perpustakaan negeri, swasta maupun institusi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)