Mahasiswa Unair Didorong Berinovasi untuk Melahirkan Produk Kebutuhan Masyarakat

Kamis, 01 Juni 2023 - 18:43 WIB
loading...
Mahasiswa Unair Didorong Berinovasi untuk Melahirkan Produk Kebutuhan Masyarakat
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, menjadi kampus ketiga yang disambangi program Fordigi Goes to Campus. Foto/Dok/Fordigi
A A A
JAKARTA - Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur, menjadi kampus ketiga yang disambangi program Fordigi Goes to Campus. Sivitas akademika, termasuk mahasiswa didorong melakukan inovasi yang mampu melahirkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat.

Ketua Bidang IV Fordigi, Beatrix Santi Anugrah mengatakan, Fordigi Goes to Campus kali ini mengangkat tema Innovation-driven Ecosystem. Menurutnya, inovasi sangat penting karena mampu mendorong pertumbuhan kehidupan manusia dan perekonomian.



Namun perlu disadari, melakukan inovasi tidak mudah dan berisiko. Tidak jarang inovasi gagal. Faktor yang membuat kegagalan tersebut antara lain karena kurangnya fokus dalam mengawali inovasi.

Pada tahap awal, kata Beatrix, sangat penting meneliti lebih dalam kebutuhan pelanggan, memvalidasi ide dan gagasan, membuat dan menguji prototipe, serta menemukan model bisnis yang dibutuhkan oleh pelanggan. Pada perjalanan digitalisasi, bisa jadi harus menghasilkan inovasi yang mendisrupsi model bisnis dan pasar, sebelum orang lain melakukannya untuk bertahan di era digital ini.

"Inovasi digital juga dimulai dengan eksperimen di ruang inovasi dan pola pikir build, measure, dan lean. Namun tetap harus berfokus membangun inovasi yang dapat diskalakan, yang membutuhkan investasi yang tepat dan memasukkan bukti nilai tambah ke dalam produksi," kata Beatrix dalam seminar bertema Innovator’s Playbook: How to Create Great Product, Service & Experience di Unair Surabaya, Rabu (31/5/23).



Dikatakan, tidak bisa dipungkiri inovasi yang melahirkan transformasi digital dan kehadiran ekosistem digital dapat meningkatkan efisiensi alur kerja. Tujuan ekosistem digital menjadi solusi bagi mahasiswa untuk berkembang dan mengembangkan teknologi informasi yang lebih advance.

Tentunya untuk menciptakan ekosistem digital yang kondusif, memerlukan dukungan dari semua pihak, tidak terkecuali kepada semua generasi muda Indonesia.

Melalui Fordigi Goes to Campus, kata Beatrix, pihaknya mengingatkan perkembangan digital bergantung sebagian besar kepada inovasi atas isu dan concern yang terjadi di berbagai aspek kehidupan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)