5 Kampus Ini Menyediakan Program Kedokteran Forensik, Prospek Karier Menjanjikan

Minggu, 04 Juni 2023 - 14:37 WIB
loading...
5 Kampus Ini Menyediakan Program Kedokteran Forensik, Prospek Karier Menjanjikan
Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/UGM
A A A
JAKARTA - Dokter spesialis forensik adalah dokter spesialis yang memiliki kemampuan mengelola barang bukti medis berupa benda-benda biologis manusia yang hidup maupun yang sudah meninggal dunia untuk dijadikan alat bukti hukum, juga termasuk melacak bagian tubuh untuk kepentingan identifikasi.

Dokter forensik bisanya bekerja sama dengan polisi untuk mengungkap sebuah tindak pidana. Di Indonesia sendiri, ada beberapa kampus yang menyediakan program kedokteran forensik.



Beberapa kampus yang menyediakan program kedokteran forensik:


1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada (UGM), yang merupakan salah satu Top 3 kampus terbaik di Indonesia, menyediakan program kedokteran forensik.

Program studi Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal tergabung dalam Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM.

Program studi ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal melaksanakan misinya dengan memegang teguh nilai dasar Pancasila serta nilai-nilai kejujuran, keadilan, keterbukaan, dan kebersamaan.

Saat ini UGM memiliki 180 alumni Kedokteran Spesialis Forensik dan Medikolegal yang berada di seluruh wilayah Indonesia.


2. Universitas Islam Indonesia (UII)

Departemen Ilmu Kedokteran Forensik dan Medikolegal di Universitas Islam Indonesia (UII) berada di bawah struktur jurusan kedokteran.

Ruang lingkup ilmu ini adalah penerapan pengetahuan ilmiah kedokteran dalam mengelola masalah aspek kesehatan di tingkat individu, keluarga, komunitas, dan masyarakat terutama terkait aspek forensik dan medikolegal.

Pada 4 Oktober 2017 Universitas Islam Indonesia bekerja sama dengan RS Bhayangkara Polda DIY untuk mengembangkan infrastruktur kesehatan berdaya saing.

3. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga (Unair) adalah salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki program kedokteran forensik yang sudah ada sejak tahun 2010.

Pada program Kedokteran Forensik dan Medikolegal di Universitas Airlangga, terdapat proses yang menjadi bagian dari pendidikan yaitu membantu proses olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) bila diminta oleh kepolisian atau penyidik dari instansi lain.

4. Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro memiliki program Kedokteran Forensik dan Medikolegal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1121 seconds (0.1#10.140)