Seleksi Mandiri S1 ITS 2023 Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Senin, 05 Juni 2023 - 09:54 WIB
loading...
Seleksi Mandiri S1 ITS 2023 Dibuka, Begini Cara Daftarnya
Seleksi Mandiri S1 ITS 2023 dibuka 5 hingga 25 Juni 2023. Foto/Dok/ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali membuka penerimaan calon mahasiswa baru Seleksi Mandiri S1 2023. Berikut ini cara pendaftarannya.

Seleksi Mandiri Umum ITS jenjang Sarjana (S1) menggunakan nilai tes tulis (SMITS) didukung oleh prestasi-prestasi akademik dan non-akademik juga pertimbangan rapor dan deskripsi diri.

Seleksi Mandiri Umum S1 di kampus negeri yang beralamat di Surabaya, Jawa Timur memberi kesempatan bagi lulusan SMA/MA/SMK pada tiga tahun terakhir (lulusan tahun 2021, 2022, dan 2023).

Dikutip dari laman ITS, berikut ini cara pendaftarannya.

Baca juga: Jadi Wisudawan Doktor Termuda dan Terbaik Unair, Maria Lulus di Usia 24 Tahun

Cara Pendaftaran Seleksi Mandiri S1 ITS 2023

1. Bagi pendaftar baru, buat akun dengan registrasi akun MyITS Admission melalui laman http://admission.its.ac.id/. Sementara pendaftar yang sudah memiliki akun, bisa langsung lanjut log in. Data yang perlu disiapkan untuk membuat akun:
- Nomor Induk Kependudukan, dan
- Pas foto ukuran 4Ă—6 dengan background warna biru atau merah, ukuran file maksimum 1024 kb dan resolusi minimum 64Ă—64,
- Scan kartu identitas: Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK), dan
- Foto diri memegang kartu identitas.
2. Login ke akun MyITS Admission dengan menggunakan myITS ID (email terdaftar yang sudah diverifikasi) dan password Anda.
3. Melakukan pendaftaran Seleksi Mandiri Umum program Sarjana (Seleksi Mandiri Umum S1) secara online.
4. Khusus calon peserta yang memilih program studi Desain Produk Industri, Desain Interior, dan/atau Desain Komunikasi Visual harus menyiapkan Portofolio Desain. Instruksi Kerja, Pernyataan Keaslian Karya, dan Template Pengumpulan Portofolio dapat diunduh melalui tab Ketentuan. Pengumpulan Portofolio ukuran maksimal 10 MB.

Baca juga: STEI ITB Borong 3 Juara Ajang Huawei ICT Competition Tingkat Dunia

5. Calon peserta mengisi borang (formulir) pendaftaran online sesuai dengan petunjuk yang ada secara benar. Usahakan pengisian secara urut pada isiannya, terutama pada tab Pendidikan. Semua informasi yang diisikan dalam borang ini harus benar. Kesalahan/kecurangan dalam pengisian borang ini dapat berakibat pembatalan penerimaan di ITS. Data aplikasi tidak dapat diubah setelah formulir selesai diisi dan disimpan permanen/difinalisasi.
6. Memilih program studi. Setiap calon peserta dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) program studi dari daftar program studi (urutan pilihan program studi menyatakan prioritas pilihan).
Setelah dipastikan semua data benar, lakukan finalisasi. Peserta akan mendapatkan Kode Pembayaran, peserta dapat membayar biaya pendaftaran sesuai dengan petunjuk. Harap membayar biaya pendaftaran sebelum batas waktu pembayaran yang ditentukan. (Penting!: Biaya Pendaftaran tidak dapat ditarik kembali).
7. Setelah Anda membayar biaya pendaftaran, login ke akun MyITS Admission untuk mengunduh Kartu Pendaftaran.
8. Calon peserta menandatangani Kartu Bukti Pendaftaran tersebut pada tempat yang disediakan. Kartu Bukti Pendaftaran yang telah ditandatangani berlaku sebagai Kartu Tanda Peserta Seleksi Masuk ITS Program Sarjana. Kartu ini harus disimpan dengan baik dan dibawa/diunggah saat mendaftar ulang ketika peserta telah resmi dinyatakan diterima.

Jadwal Seleksi


1. Pendaftaran: 5 – 25 Juni 2023
2. Tes Online TKA SMITS: 1 – 2 Juli 2023
3. Pengumuman Hasil: 6 Juli 2023
4. Daftar Ulang: Diumumkan kemudian.

Ketentuan Khusus


Khusus peminat program studi Desain Produk Industri, Desain Komunikasi Visual dan Desain Interior, Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital, diharuskan mengunggah portofolio berupa scan karya terbaik maksimal 2 karya dan 1 surat pernyataan keaslian karya.

Jalur ini dibuka untuk semua program studi sarjana yang diselenggarakan oleh ITS, dan disarankan untuk lulusan dari jurusan eksakta.

Kecuali program studi Desain Produk Industri, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, Manajemen Bisnis, dan Studi Pembangunan menerima juga lulusan dari jurusan non-eksakta.

Ketentuan bagi pendaftar dari SMK perlu menyesuaikan relevansi jurusan sebelumnya dengan program studi yang dipilih.

Demikian sekilas informasi mengenai Seleksi Mandiri Umum S1 ITS. Info selengkapnya bisa diakses di laman resmi ITS. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4125 seconds (0.1#10.140)