3 Perbedaan Jurusan Kuliah Teknik Perkapalan dan Teknik Sistem Perkapalan

Senin, 05 Juni 2023 - 17:23 WIB
loading...
3 Perbedaan Jurusan Kuliah Teknik Perkapalan dan Teknik Sistem Perkapalan
Jurusan Teknik Perkapalan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah perbedaan antara jurusan kuliah Teknik Perkapalan dan Teknik Sistem Perkapalan yang masih belum banyak orang ketahui.

Sebagai calon mahasiswa yang punya keinginan untuk terjun ke dunia perkapalan, tentulah harus mengetahui beberapa perbedaan dua jurusan kuliah ini.



Pada umumnya dua jurusan kuliah tersebut sama-sama mempelajari tentang instrumen yang berkaitan dengan perkapalan. Namun sebagai dua program studi yang berbeda tetaplah memiliki perbedaan terutama dari fokus utamanya.


Perbedaan Jurusan Kuliah Teknik Perkapalan dan Teknik Sistem Perkapalan


Berikut ini tiga perbedaan antara jurusan kuliah Teknik Perkapalan dan Teknik Sistem Perkapalan.


1. Fokus Utama

Dilansir dari laman Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jurusan Teknik Perkapalan adalah program studi yang mempelajari seluk beluk yang berkaitan dengan kapal, mulai dari mempelajari cara merancang sebuah kapal, mesin kapal dan lain sebagainya.

Sehingga dalam jurusan ini para mahasiswa akan dapat mengkaji rencana dan pembangunan kapal, mulai dari bentuk badan, rencana umum, daya mesin, struktur hingga stabilitas.



Sedangkan untuk jurusan Teknik Sistem Perkapalan memiliki fokus yang lebih spesifik tentang bidang keahlian yang berkaitan dengan kapal. Misalnya seperti, sistem propulsi kapal, sistem pengendalian, sistem transmisi tenaga dan juga sistem pembangkit tenaga.


2. Keahlian Mahasiswa

Dari fokus utama yang telah dijabarkan, maka lulusan Teknik Perkapalan sudah dipastikan memiliki wawasan luas terkait contoh transportasi, fishing, eksplor hidrokarbon laut serta bagaimana menjaga keamanan perairan yang ada di Indonesia.

Sehingga lulusan jurusan ini dapat menjadi tenaga ahli yang mengelola suatu proyek pembangunan kapal baru maupun repair bersama tim pendukung dalam sebuah galangan kapal.

Sementara untuk keahlian yang dimiliki oleh lulusan Teknik Sistem Perkapalan adalah penguasaan tentang sistem permesinan, perpipaan, kelistrikan dan sistem-sistem lainnya yang dirasa perlu untuk rancang-bangun.

3. Prospek Kerja

Untuk prospek kerja lulusan Teknik Perkapalan ini akan dekat dengan profesi pembangunan kapal baru (Shipbuilding), pemeliharaan dan reparasi kapal, pembangunan industri sarana lepas pantai, hingga jasa konsultasi dan perekayasaan.

Mengutip dari laman ITS, lulusan Teknik Sistem Perkapalan akan mampu merancang sistem perkapalan, wahana laut dan bangunan apung baik itu berupa konsep desain, basic desain dan detail desain.

Sehingga beberapa profesi yang dapat ditekuni lulusan ini diantaranya, perancang dan konsultan sistem perkapalan, perekayasa produksi dan instansi sistem perkapalan, penaksir dan analis harga jaminan di bidang sistem perkapalan hingga akademisi.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1765 seconds (0.1#10.140)