Kampus Swasta yang Menerima KIP Kuliah 2023, Ini Daftarnya

Selasa, 06 Juni 2023 - 13:24 WIB
loading...
Kampus Swasta yang Menerima KIP Kuliah 2023, Ini Daftarnya
Telkom University (Tel-U). Foto/Dok/Humas Tel-U
A A A
JAKARTA - Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah 2023 merupakan bantuan biaya pendidikan yang diluncurkan oleh pemerintah dengan tujuan untuk meningkatkan potensi ekonomi dan mobilitas sosial bagi mahasiswa dari keluarga miskin/rentan miskin untuk berkuliah.

Beberapa universitas bekerja sama dengan pemerintah dengan menerapkan program ini, termasuk universitas swasta di Indonesia. Berikut beberapa universitas swasta yang menerima KIP Kuliah 2023.



Universitas swasta yang menerima KIP Kuliah 2023:


1. Telkom University

Telkom University membuka pendaftaran beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada 29 Mei 2023 hingga 30 Juni 2023.

Dengan persyaratan, pendaftar merupakan lulusan dua tahun terakhir dan memiliki salah satu berkas di antara Kartu Indonesia Pintar, surat keterangan tidak mampu, Kartu Keluarga Sejahtera, dan keluarga peserta Program Keluarga Harapan.

Pendaftaran beasiswa melalui laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id atau di KIP Kuliah Mobile Apps.


2. Universitas Esa Unggul

Universitas Esa Unggul juga menerima KIP Kuliah, ditujukan untuk lulusan dua tahun sebelumnya atau yang akan lulus dari SMA/sederajat.

Pendaftar memiliki akademik yang baik, namun termasuk keluarga miskin/rentan miskin. Biaya kuliah untuk penerima KIP Kuliah akan ditanggung sebesar 100%.



Mahasiswa yang menerima maksimal 8 semester untuk program sarjana dan maksimal 6 semester untuk program diploma.

Pendaftaran dapat dilakukan di laman daftarbeasiswa.esaunggul.ac.id/daftar pada tanggal 3 Mei hingga 25 Juni 2023.


3. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia membuka program beasiswa KIP Kuliah 2023 dengan nama program Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB).

PSB Kartu Indonesia Pintar Kuliah Merdeka ditujukan untuk lulusan SMA/SMK/sederajat yang sebelumnya belum menjadi mahasiswa dan memiliki riwayat akademik baik yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin.


4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menjadi salah satu universitas yang menerima KIP Kuliah. Meskipun pendaftaran KIP Kuliah UMY tahun 2023 belum dibuka, namun terdapat keterangan bahwa universitas ini menerima KIP Kuliah.

Bantuan biaya pendidikan melalui KIP Kuliah ini ditujukan kepada lulusan SMA/SMK/MA/MAK atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi. Universitas lebih lanjut dapat dilihat pada laman umy.ac.id.


5. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti menerima KIP Kuliah dengan persyaratan pendaftar memiliki nilai rata-rata rapor semester I-VI dengan akumulasi ≥ 7,50.

Pendaftar juga melampirkan Surat Keterangan Lulus, fotokopi Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Keluarga Sejahtera, surat keterangan penghasilan orang tua/wali, foto kondisi rumah tinggal, serta surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa dari instansi lain.

Peserta harus mengisi formulir mahasiswa baru di www.tsm.ac.id/pmb dan formulir KIP Kuliah di www.kip-kuliah.kemdikbud.go.id.


6. Universitas Katolik Parahyangan

Universitas Katolik Parahyangan menerima KIP Kuliah untuk lulusan SMA/sederajat yang memiliki riwayat akademik baik namun ada keterbatasan ekonomi.

Pendaftar harus menyertakan motivation letter, Kartu Indonesia Pintar, slip gaji orang tua/wali, bdan ukti sudah terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kemensos.

Beasiswa KIP Kuliah ini ada untuk menjamin penerima bantuan mempunyai potensi dan kemauan untuk menyelesaikan pendidikan tinggi, sehingga bantuan biayanya pun akan ditanggung sepenuhnya.


7. Universitas Sanata Dharma

Universitas Sanata Dharma membuka pendaftaran KIP Kuliah tahun 2023. Pendaftaran dibuka hingga 8 Juli 2023 dan ditujukan untuk lulusan SMA/SMK/sederajat tahun 2023, 2022, dan 2021.

Pendaftaran dapat dilakukan di kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login dengan melampirkan foto rumah dan mengumpulkan Kartu Peserta KIP Kuliah tahun 2023, fotokopi rapor dari semester 1 s.d. 6, fotokopi ijazah, surat keterangan prestasi, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan penghasilan orang tua/wali, tagihan listrik dan PBB.


8. Universitas Multimedia Nusantara

Terdapat beberapa beasiswa pemerintah di Universitas Multimedia Nusantara, salah satunya adalah beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah.

Beasiswa ini merupakan bantuan biaya yang ditujukan kepada lulusan SMA/sederajat yang memiliki potensi akademik yang baik namun dengan keterbatasan ekonomi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Saat ini Universitas Multimedia Nusantara sudah menerima enam mahasiswa KIP Kuliah yang mendapatkan beasiswa penuh selama empat tahun.


9. Universitas Kristen Maranatha

Universitas Kristen Maranatha bekerja sama dengan Kemendikbud untuk membuka program beasiswa KIP-K. Terdapat tes dan wawancara yang harus diikuti oleh para pendaftar.

Apabila lolos tes khusus yang diselenggarakan oleh pihak Universitas Kristen Maranatha, maka biaya kuliah penerima akan ditanggung sepenuhnya.

Peserta dapat menyerahkan bukti pendaftaran KIP Kuliah, surat keterangan tidak mampu, surat keterangan penghasilan orang tua, bukti tagihan listrik tiga bulan terakhir, foto tempat tinggal, scan rapor, dan foto KTP/KK.


10. Universitas Surabaya

Universitas Surabaya membuka program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka.

Pendaftaran program KIP Kuliah Universitas Surabaya tahun 2023 belum dibuka, namun berdasarkan tahun 2022, pendaftaran bisa dilakukan di laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau di KIP Kuliah mobile apps.

Untuk informasi lebih lanjut dan terbaru dapat dicek di laman resmi Universitas Surabaya yaitu ubaya.ac.id.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1606 seconds (0.1#10.140)