Pemilihan Rektor Undip Diikuti 4 Kandidat, Ini Gagasan Mereka

Sabtu, 10 Juni 2023 - 05:05 WIB
loading...
Pemilihan Rektor Undip Diikuti 4 Kandidat, Ini Gagasan Mereka
Pemilihan Rektor Undip diikuti oleh 4 bakal calon rektor. Foto/Undip.
A A A
JAKARTA - Empat kandidat Bakal Calon Rektor Universitas Diponegoro telah menyampaikan paparan pada Pemaparan Rencana Program Kerja Bakal Calon Rektor Undip masa jabatan 2024-2029. Keempat bakal calon bergelar profesor .

Ketua Panitia Pemilihan Rektor Prof. Ir. Edy Rianto mengatakan, agenda tersebut merupakan wadah bagi para calon pemimpin Undip mensosialisasikan visi, misi, dan program kerja untuk membangun Undip pada periode kepemimpinan selanjutnya.

Dikutip dari laman Undip, Sabtu (10/9/2023), berikut 4 bakal calon rektor Undip beserta gagasan yang mereka sampaikan.

1. Prof. Ir. M. Agung Wibowo (Fakultas Teknik)


Prof. Ir. M. Agung Wibowo menyampaikan pemikiran dan gagasan tentang Undip menuju Go Global dan Good Governance yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja Undip sebagai Universitas riset kelas dunia, di antaranya:

1. Meningkatkan jejaring luar negeri
2. Produktivitas riset dan inovasi
3. Tata kelola yang terikat dengan penjaminan mutu, sehingga meningkatkan daya saing institusi dan meningkatkan kemandirian.

Baca juga: Perbandingan Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran Hewan di PTN Top Indonesia

2. Prof. Dr. Suharnomo(Fakultas Ekonomika dan Bisnis)


Prof. Dr. Suharnomo menyampaikan pemikiran dan gagasan, bahwa Undip dengan kredo excellent research university harus menjadi solusi bagi persoalan masyarakat dan bangsa.

Selain itu juga Undip harus berkontribusi untuk menurunkan tingkat kemiskinan, kepastian hukum, menyuarakan keadilan ekonomi dan ikut menyelesaikan persoalan sosial lainnya.

Selain itu kampus harus menjadi tempat yang open minded, garda paling depan sebagai benteng NKRI, mencari sumber-sumber pendanaan baru, serta pembinaan mahasiswa juga bersifat dialogis.

3. Prof. dr. Muhamad Thohar Arifin (Fakultas Kedokteran)


Prof. dr. Muhamad Thohar Arifin menyampaikan pemikiran dan gagasan terkait Penguatan dan Pengembangan Sistem Pengelolaan Pendidikan Tinggi melalui inovasi berbasis digitalisasi guna menciptakan akselerasi peran, fungsi, dan kontribusi bagi negeri dan bagi persaingan di tingkat dunia dalam era industri 4.0 dan menyongsong era society 5.0.

Baca juga: Optimalkan Ratusan Dosen Peneliti, FTUI Bangun Fasilitas Baru Keteknikan Interdisiplin

Selain itu bahwa kepemimpinan universitas saat ini perlu mengadopsi tatanan baru untuk menuju universitas unggul, mampu menganalisis sejumlah besar digital initiative, mengelola percepatan siklus inovasi.

4. Prof. Budi Setiyono (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).


Bakal calon rektor Undip yang terakhir ini menyampaikan pemikiran dan gagasan Undip sebagai Incorporate University berkelas dunia.

Selain itu disampaikan pula visi Undip menjadi universitas nasionalis religius berkelas dunia yang toleran dan transformatif melalui kreativitas dan inovasi berkelanjutan dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian, dan kewirausahaan.

Universitas merupakan suatu sistem yang mengkoordinasikan untuk proses pendidikan; financial management; research and innovation; graduates career system; public/community service; alumni, private, government & international collaboration, business and RGU.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1507 seconds (0.1#10.140)