Tips Mengerjakan Soal Akhlak BUMN, Potensi Lolos Lebih Besar

Selasa, 13 Juni 2023 - 10:29 WIB
loading...
Tips Mengerjakan Soal Akhlak BUMN, Potensi Lolos Lebih Besar
Lowongan kerja BUMN. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Rekrutmen Bersama BUMN 2023 tengah memasuki online test tahap 1. Pada online tahap 1, peserta dengan jenjang pendidikan D3, D4/S1 sampai S2 akan menghadapi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan AKHLAK (atau core values BUMN) pada 12-19 Juni 2023. Sementara, lulusan SMA akan menghadapi TKD pada 20 Juni 2023.

Pelaksanaan tes menyesuaikan dengan jadwal yang dikirim ke masing-masing peserta. Terkait bobot TKD dan AKHLAK, Kementerian BUMN telah menentukan bahwa bobot TKD sebesar 40 persen dan AKHLAK sebesar 60 persen.



Bagi peserta yang akan menghadapi online test 1, terdapat tips serta trik supaya lancar menghadapinya.


Berikut tips dan trik menghadapi online test 1


1. Mengikuti Trial Test

Melansir akun Instagram @fhci.bumn, trial test merupakan tes uji coba seleksi online TKD (tes kemampuan dasar) dan AKHLAK. Calon peserta bisa menggunakan kesempatan ini guna mencoba serta memastikan perangkat, jaringan, infrastruktur yang nanti digunakan ketika tes online. Trial test bisa dilakukan sesuai dengan instruksi yang disampaikan melalui pengumuman email serta web Rekrutmen Bersama BUMN.


2. Menggunakan Perangkat dan Jaringan yang Memadai

Biasanya pada saat mengerjakan soal terdapat masalah pada perangkat hingga jaringan. Ketika mengerjakan online test, apabila hal ini terjadi maka peserta tetap fokus untuk menyelesaikan ujian hingga selesai. Peserta dapat mencoba untuk memuat ulang browser yang digunakan bila saat masih mengalami kendala.


3. Memilih Tempat yang Nyaman

Peserta direkomendasikan memilih tempat yang nyaman. Hal ini tentunya membuat peserta lebih konsentrasi. Selain itu, pastikan di tempat tersebut tidak ada orang lain selain peserta. Karena sistem akan mengidentifikasi apabila ada orang lain serta bisa menggugurkan peserta.


4. Baca Petunjuk dengan Teliti

Dalam mengerjakan soal, peserta tidak perlu terburu-buru. Pastikan peserta sudah benar-benar mengerti dan paham semua petunjuk pengerjaan pada soal yang tersedia.


5. Mengerjakan Soal dengan Baik

Peserta disarankan untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu sehingga waktu tidak habis untuk mengerjakan soal yang sulit. Selanjutnya semua soal tes dikerjakan. Jangan lupa untuk diperiksa kembali agar tidak ada yang terlewat.

Sedangkan untuk mengerjakan soal AKHLAK BUMN, berikut beberapa tipsnya.


1. Pelajari tentang AKHLAK

AKHLAK merupakan akronim dari nilai-nilai utama BUMN, yakni amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Nilai-nilai tersebut diharapkan terinternalisasi pada diri seluruh sumber daya manusia BUMN.

Seluruh nilai dalam AKHLAK memiliki definisinya masing-masing serta panduan perilaku yang sesuai. Misalnya, nilai Amanah adalah memegang teguh kepercayaan yang diberikan.

Panduan perilaku yang sesuai dengan nilai Amanah antara lain, memenuhi janji dan komitmen; bertanggung jawab atas tugas, keputusan, dan tindakan yang dilakukan; berpegang teguh kepada nilai moral dan etika.

Peserta perlu mempelajari AKHLAK dengan rinci dan memahami perilaku-perilaku yang mencerminkan enam nilai utama tersebut.


2. Belajar dari contoh soal yang ada

Belajar dari contoh soal yang ada mengenai AKHLAK merupakan salah satu tips yang bisa dilakukan peserta untuk mengetahui kisi-kisi soal yang diujikan. Dengan demikian, peserta dapat mempersiapkan diri menghadapi soal-soal yang mungkin muncul dalam tes. Berikut contoh soal terkait tes AKHLAK:

- Saling peduli dan menghargai perbedaan, termasuk dalam AKHLAK pada bagian..

a. Harmonis
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2512 seconds (0.1#10.140)