Mengenal 7 Prodi Baru S1-S3 Unnes, Berapa Kuotanya di Jalur Mandiri?

Jum'at, 16 Juni 2023 - 13:48 WIB
loading...
Mengenal 7 Prodi Baru S1-S3 Unnes, Berapa Kuotanya di Jalur Mandiri?
Mengenal 7 program studi baru jenjang S1 hingga S3 di Unnes. Foto/Humas Unnes.
A A A
JAKARTA - Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun ini telah membuka program studi (prodi) baru jenjang S1, S2, dan di jenjang S3. Berikut ini daftar lengkap program studi baru tersebut dan juga kuotanya.

Tujuh prodi teranyar di Unnes tersebut adalah:


1. S1 Ekonomi dan Keuangan Islam
2. S2 Teknik Elektro
3. S2 Teknik Sipil
4. S2 Akuntansi
5. S2 Manajemen
6. S3 Pendidikan Ekonomi
7. S3 Ilmu Hukum.

Kepastian pembukaan prodi baru tersebut diperoleh setelah PTN yang berlokasi di Jawa Tengah ini memperoleh surat Pemenuhan Syarat Minimum Akreditasi untuk Pembukaan Program Studi Baru Nomor 759/BAN-PT/LL/2023 dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Surat BAN-PT menyatakan, berdasarkan Hasil Pleno Dewan Eksekutif BAN-PT tertanggal 24 Mei 2023, program studi yang diusulkan Unnes tersebut telah memenuhi syarat minimum akreditasi.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran di Top 3 PTN Jawa Timur, Ada Unair dan Brawijaya

Menjawab Kebutuhan Masyarakat

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unnes Prof. Dr. Zaenuri, ketujuh program studi yang dibuka pihaknya itu bertujuan untuk menjawab kebutuhan masyarakat dan telah melalui kajian matang.

“Tentu saja pembukaan ini sudah melalui kajian yang matang. Dukungan sarana akademik, tenaga pengajar, dan sarana prasarana lain telah kami siapkan dengan baik sehingga dinilai memenuhi syarat akreditas oleh BAN-PT,” katanya, melalui siaran pers, Jumat (16/6/2023).

Tersedia di Seleksi Mandiri

Menindaklanjuti hal itu, tujuh prodi tersebut akan mulai menerima mahasiswa baru pada tahun 2023. Adapun penerimaan sepenuhnya akan dilakukan melalui seleksi mandiri.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unnes Dr. Amir Mahmud mengungkapkan, empat prodi di fakultasnya akan menerima 20 sampai 40 mahasiswa.

“Prodi Ekonomi dan Keuangan Islam (S1) akan menerima 50 mahasiswa. Adapun S2 Manajemen, S2 Akuntansi, dan S3 Pendidikan Ekonomi masing-masing akan menerima 20 mahasiswa,” tuturnya.

Baca juga: Ini Besaran Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UPN Veteran Jakarta

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Dr Wirawan Sumbodo mengungkapkan, prodi S2 Teknik Kimia akan menerima 15 mahasiswa dan S2 Teknik Sipil akan menerima 20 mahasiswa. Adapun S3 Ilmu Hukum akan menerima 25 mahasiswa baru.

Kepala Humas Unnes Surahmat menambahkan bahwa penerimaan mahasiswa baru dilakukan sepenuhnya secara daring melalui laman unnes.ac.id/admission.

Pembukaan Jalur Seleksi Mandiri Reguler telah dibuka 17 Mei dan akan ditutup pada 9 Juli 2023. Adapun pendaftaran Seleksi mandiri S2 dan S3 Gelombang 2 akan ditutup pada 18 Juli 2023.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3729 seconds (0.1#10.140)