Daftar 8 Program Magister Multidisiplin yang Resmi Dibuka ITB Tahun Ini

Minggu, 18 Juni 2023 - 11:07 WIB
loading...
Daftar 8 Program Magister Multidisiplin yang Resmi Dibuka ITB Tahun Ini
ITB membuka 8 program Magister Multidisiplin di Sekolah Pascasarjana. Foto/ITB.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Bandung (ITB) resmi menyediakan program Magister Multidisiplin untuk penerimaan sekolah pascasarjana. Program Magister Multidisiplin ini diluncurkan untuk mendorong pendidikan kolaboratif dan holistik di ITB.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Jaka Sembiring mengatakan, program Magister Multidisiplin dibutuhkan sebagai jawaban atas tantangan perkembangan zaman yang menuntut kolaborasi.

Pendekatan multidisiplin juga diperlukan dalam menghadapi kompleksitas kebutuhan manusia yang terus berkembang dari masa ke masa. Semakin kompleks kebutuhan serta permasalahan yang dihadapi, katanya, maka solusi yang diberikan harus semakin komprehensif.

Maka melalui pendekatan multidisiplin ini, terang Prof Jaka, integrasi berbagai bidang ilmu yang saling terkait memungkinkan pemecahan masalah yang lebih efektif dan holistik.

Baca juga: UIN Jakarta Raih Juara Umum Ajang Olimpiade Agama, Sains, dan Riset PTKI II 2023

“Multidisplin sebagai cara pandang baru akan melibatkan minimal 2 bidang keilmuan untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat,” katanya, dikutip dari laman ITB, Minggu (18/6/2023).

Berikut ini program Magister Multidisiplin ITB

8 Program Magister Multidisiplin ITB

1. Teknologi Kesehatan


Program Teknologi Kesehatan ini berupaya menyinergikan kemampuan implementasi teknologi dan keteknikan dengan analisa medis yang meliputi pencegahan, diagnosa, manajemen, dan rehabilitasi.

2. Pendidikan Sains 4.0


Pendidikan Sains 4.0 bertujuan untuk mengantisipasi pergeseran karakter pendidikan di era modern dengan mengintegrasikan pembelajaran sains berbasis digital serta mendorong inovasi dan kreativitas mahasiswa sebagai pusat pembelajaran itu sendiri.

3. Digital Technopreneurship


Program studi Digital Technopreneurship bertujuan membangun cara pandang sistem yang kuat untuk menciptakan solusi yang kreatif dan inovatif. Supaya dapat dikembangkan dalam bentuk peluang bisnis dalam konteks dunia industri.

Baca juga: Macquarie University Australia Kerja Sama MNC Group dan MNC University dalam Program Internship dan Student Buddy

4. Smart System


Jurusan Smart system berupaya menyiapkan SDM yang mampu membangun solusi berbasis sistem cerdas dengan memanfaatkan teknologi terkini untuk menjawab kebutuhan manusia sesuai dengan perkembangan zaman.

5. Material Baterai


Program Studi Material Baterai akan menyiapkan SDM terampil di bidang material baterai mulai dari sintesis bahan baku di alam hingga pengujian performa baterai untuk menyambut tren pergeseran menuju kendaraan listrik.

6. Sains dan Teknologi Kebencanaan


Program Studi Sains dan Teknologi Kebencanaan bertujuan meningkatkan kapasitas SDM Indonesia dalam hal kebencanaan melalui penguatan penelitian serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

7. Pariwisata Hayati Berkelanjutan


Program Magister Multidisiplin Pariwisata Hayati Berkelanjutan merupakan kolaborasi Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dengan Program Studi Biomanajemen mendorong pengelolaan serta perencanaan kepariwisataan berbasis hayati untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

8. Kepemimpinan Berbasis Desain


Kepemimpinan Berbasis Desain bertujuan menumbuhkan jiwa kepemimpinan melalui pemahaman terhadap konsep dinamika sosial, budaya, dan lingkungan berbasis rasa empati, daya kreativitas, dan inovasi.

Program Magister Multidisiplin merupakan hasil kolaborasi dari prodi-prodi yang telah ada di ITB sebelumnya. Namun khusus untuk Program Studi Teknologi Kesehatan, selain berkolaborasi dengan prodi di dalam ITB, juga berkolaborasi dengan Prodi Kedokteran Universitas Padjadjaran.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1246 seconds (0.1#10.140)