Menuju Rekrutmen CPNS 2023, Ini 4 Jurusan Kuliah yang Cepat Jadi PNS

Senin, 19 Juni 2023 - 06:35 WIB
loading...
Menuju Rekrutmen CPNS 2023, Ini 4 Jurusan Kuliah yang Cepat Jadi PNS
Mengenal 4 jurusan kuliah yang cepat menjadi PNS. Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Pemerintah akan kembali membuka rekrutmen CPNS di tahun ini. Rencana kebutuhan aparatur sipil negara baik PNS dan PPPK itu sebanyak 1.030.571 formasi pusat dan daerah.

Pemerintah pusat menetapkan 46.666 kebutuhan. Sedangkan pemerintah daerah 943.373 kebutuhan. Sementara itu, formasi CPNS dari sekolah kedinasan sebesar 6.259.

Selain itu pemerintah juga akan mengakomodasi formasi bagi lulusan baru atau fresh graduate, khususnya talenta digital untuk mengisi kebutuhan di kementerian, lembaga, dan juga daerah.

Sebagai persiapan menuju pendaftaran rekrutmen CPNS 2023, berikut sejumlah jurusan kuliah yang lulusannya berpeluang besar menjadi PNS yang dikutip dari laman Akupintar.

Baca juga: Universitas Diharapkan Bisa Lahirkan Pemimpin Berwawasan Lingkungan

4 Jurusan Kuliah yang Cepat Jadi PNS

1. Pendidikan


Pada rekrutmen CPNS, hampir pasti formasi tenaga pendidik itu selalu dibuka. Jurusan kuliah yang cepat menjadi PNS seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bimbingan Konseling, Pendidikan Matematika, Pendidikan Fisika, Pendidikan Ekonomi, Bahasa Inggris, dan lainnya.

2. Teknologi Informasi


Integrasi teknologi dan digitalisasi di berbagai bidang membutuhkan tenaga-tenaga yang melek Teknologi Informasi. Untuk itu, jurusan-jurusan seperti Teknik Informatika, Sistem Informasi, maupun Ilmu Komputer akan dibutuhkan di pemerintahan.

Baca juga: FTUI dan University of Birmingham Inggris Buka Program Double Degree

3. Kesehatan


Di bidang kesehatan, beberapa jurusan CPNS yang dibutuhkan biasanya adalah Pendidikan Dokter, Keperawatan, dan Farmasi. Formasi dokter, perawat, apoteker, maupun tenaga teknis lain di bidang kesehatan dibutuhkan guna mendukung pembangunan nasional dan daerah.

4. Hukum

Sarjana Hukuum dibutuhkan di berbagai instansi yang berkaitan dengan bidang hukum seperti Kejaksaan atau Kehakiman.

Demikian 4 jurusan kuliah yang paling cepat jadi PNS. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)