Gagal di SNBT 2023 Bukan Akhir Segalanya, Coba 4 Hal Ini untuk Lanjut Studi

Selasa, 20 Juni 2023 - 06:57 WIB
loading...
Gagal di SNBT 2023 Bukan Akhir Segalanya, Coba 4 Hal Ini untuk Lanjut Studi
Gagal di SNBT 2023 bukan akhir segalanya. Jangan putus asa karena ada jalan lain untuk lanjut studi. Foto/Shutterstock.
A A A
JAKARTA - Hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ( SNBT ) 2023 secara resmi akan diumumkan hari ini pukul 15.00 WIB, (20/6/2023). Terdapat 38 link yang bisa diakses untuk melihat pengumuman UTBK SNBT.

Jadwal dari Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) PTN menyatakan pengumuman UTBK SNBT 2023 akan dilaksanakan pada 20 Juni 2023 pukul 15.00 WIB.

Instagram SNPMB BPPP sebelumnya mencatat jumlah siswa yang melakukan proses pemilihan program studi dan finalisasi akun untuk pendaftaran UTBK SNBT 2023 mencapai 803.835 peserta.

Layaknya sebuah seleksi, maka akan ada yang berhasil lolos di jalur penerimaan mahasiswa PTN yang terkenal ketat ini dan ada juga yang gagal meski telah berjuang di Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

Bagi kalian yang tidak lolos SNBT 2023, tetap semangat dan tetap berjuang untuk melanjutkan studi yang lebih tinggi lagi karena ada alternatif lain yang bisa dicoba.

Baca juga: Panduan Link dan Cara Cek Pengumuman UTBK SNBT 2023

Dikutip dari Instagram Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kemendikbudristek, berikut 4 solusi yang bisa dilakukan.

1. Memilih untuk Gap Year


Kegagalan bukan akhir segalanya. Tak apa jika kalian masih butuh waktu untuk beristirahat dan mempersiapkan diri lebih matang dengan memilih gap year.

Perlu ditekankan jika gap year bukan berarti gagal. Ini adalah proses untuk mengambil waktu sejenak untuk dapat melangkah lebih jauh.

Selana menjalani gap year, kalian bisa ikut kursus, magang, maupun buka usaha, ataupun belajar lebih banyak untuk ikut di seleksi tahun depan.

2. Coba Daftar di Perguruan Tinggi Swasta


Sejatinya, perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia banyak yang bermutu dan berkualitas. Bahkan banyak kampus swasta yang masuk pemeringkatan dunia di THE atau QS WUR.

Jika khawatir dengan kendala biaya, kalian bisa mencari informasi beasiswa yang tersedia di laman kampus swasta masing-masing.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3808 seconds (0.1#10.140)