Mengapa Toga Wisuda Identik sebagai Tanda Kelulusan? Simak Jawabannya

Rabu, 21 Juni 2023 - 13:52 WIB
loading...
Mengapa Toga Wisuda Identik sebagai Tanda Kelulusan? Simak Jawabannya
Prosesi wisuda. Foto/Dok/UII
A A A
JAKARTA - Toga merupakan ‘pakaian kebesaran’ yang dikenakan wisudawan saat prosesi wisuda. Keberadaan toga sudah terdeteksi sejak era Kekaisaran Romawi.

Kala itu, toga memiliki arti sebagai penutup dan sebagian besar digunakan oleh pria. Melansir Fashion History, toga menjadi simbol perdamaian seperti layaknya jubah perang.



Namun, seiring berjalannya waktu toga digunakan sebagai baju atau gaun wisuda di dunia.

Universitas Oxford dan Universitas Cambridge adalah kampus yang pertama kali menggunakan toga sebagai pakaian wisuda.

Laman Walters of Oxford menyebut, penggunaan toga dilakukan karena pihak kampus ingin mahasiswanya mengenakan gaun kelulusan seragam, lengkap dengan tudung dan topinya.



Penggunaan toga yang dilakukan sejak tahun 1300-an itu juga bertujuan untuk menciptakan persatuan dan ketertiban di lingkungan kampus.

Melansir Bayt Al Fann, baju wisuda itu merupakan adaptasi dari pakaian Arab bernama thawb. Pakaian tersebut memiliki desain longgar dan menjadi lambang integritas skolastik yang paling jelas termasuk dalam acara wisuda dan debat akademik.

Lantas, mengapa toga wisuda identik dengan tanda kelulusan? Sebab, toga wisuda sarat akan makna. Secara keseluruhan, toga wisuda melambangkan pencapaian dan pengakuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2422 seconds (0.1#10.140)