Universitas Terbaik di Jember, Bisa Jadi Referensi Jalur Mandiri

Rabu, 21 Juni 2023 - 15:58 WIB
loading...
Universitas Terbaik di Jember, Bisa Jadi Referensi Jalur Mandiri
Universites Jember (Unej). Foto/Dok/Unej
A A A
JAKARTA - Sejumlah universitas negeri dan swasta di Kabupaten Jember masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia menurut versi uniRank 2023.

Berdasarkan data, ada 4 kampus di Jember yang memenuhi kriteria yang ditetapkan uniRank, yaitu terakreditasi oleh lembaga yang berwenang di Indonesia.



Selain itu juga menawarkan setidaknya tiga tahun gelar sarjana atau master atau doktoral, serta menyelenggarakan pendidikan dalam format non-jarak.


Berikut ini empat universitas terbaik di Jember.


1. Universitas Jember

Universitas Jember (Unej) merupakan perguruan tinggi negeri di Jember yang berdiri sejak 1964. Selain di Jember, Unej memiliki kampus yang berlokasi di Bondowoso, Lumajang, dan Pasuruan.

Kampus yang memiliki 15 fakultas ini menyelenggarakan program sarjana, program pascasarjana, program diploma, serta program internasional.

Salah satu PTN favorit di Jawa Timur ini menempati peringkat 50 dalam daftar universitas terbaik di Indonesia menurut versi uniRank 2023. Universitas Jember telah mendapat akreditasi Unggul dari BAN-PT.


2. Universitas Muhammadiyah Jember

Selanjutnya, ada Universitas Muhammadiyah Jember (Unmuh Jember) yang juga menjadi salah satu universitas terbaik di Jember.

Berdasarkan uniRank 2023, Universitas Muhammadiyah Jember berada di peringkat 171 secara nasional.

Universitas yang berdiri pada 1981 ini kini memiliki sembilan fakultas dengan 28 program studi dan satu program pascasarjana. Pada 2020, Universitas Muhammadiyah Jember terakreditasi B oleh BAN-PT.


3. Universitas Islam Jember

Dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi uniRank 2023, Universitas Islam Jember (UIJ) menempati peringkat 372.

Kampus swasta yang telah terakreditasi Baik oleh BAN-PT ini memiliki tujuh fakultas dengan 13 prodi di jenjang sarjana, satu prodi jenjang D3, dan satu prodi jenjang pascasarjana.

Di awal berdirinya pada 1983, Universitas Islam Jember hanya membuka 5 fakultas.


4. Universitas Mochammad Sroedji

Universitas Mochammad Sroedji (UMSJ) didirikan pada 1981 dan kini memiliki enam fakultas dengan prodi di bidang pertanian, sosial politik, teknik, hukum, ekonomi, dan keguruan.

Kampus ini masuk dalam daftar universitas terbaik di Indonesia versi uniRank 2023 dengan menduduki peringkat 545. Tidak hanya menyelenggarakan kelas reguler, UMSJ juga menawarkan kelas karyawan bagi kalangan pekerja.
(mpw)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3656 seconds (0.1#10.140)