Gagal Lulus SNBT 2023, Ami Memilih Gap Year dan Fokus Kerja

Rabu, 21 Juni 2023 - 17:13 WIB
loading...
Gagal Lulus SNBT 2023, Ami Memilih Gap Year dan Fokus Kerja
Meski gagal di SNBT, Nurrokhmat Khatami memilih gap year dan mencari kerja. Foto/MPI/Muhammad Farhan.
A A A
JAKARTA - Ada siswa yang diterima dan gagal di SNBT 2023. Nurrokhmat Khatami merupakan salah satu yang gagal di tes UTBK. Dia pun memilih untuk gap year dan mengisi waktu dengan mencari pekerjaan.

Nurrokhmat Khatami atau yang sering disapa Ami adalah alumnus SMA Hutama, Jatirahayu, Kota Bekasi. Dia terpaksa memupus asa karena pengumuman Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) menyatakan dia tidak lulus UTBK.

Ami memilih IPB University jurusan Ekonomi Sumber Daya Lingkungan dan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dengan jurusan Administrasi Bisnis Terapan.

Ami mengaku, dirinya sempat kecewa dengan hasil pengumuman tersebut. Namun di sisi lain, Ami pun merasa lega karena pilihan keduanya di PNJ, jurusan yang diinginkannya tersebut salah dipilih.

Baca juga: 2.002 Calon Mahasiswa Diterima di UPNVJ Via SNBT 2023, 3 Prodi Ini Paling Diminati

"Di satu sisi, saya kecewa karena tidak diterima di kedua pilihan itu. Tapi di sisi lain untuk pilihan keduanya itu saya salah pilih, jadi lega juga. Soalnya saya maunya memilih jurusan Manajemen di PNJ," kata Ami kepada MPI, Rabu (21/6/2023).

Karena gagal di UTBK, Ami mengaku tidak ingin mengambil jalur mandiri di kampus lainnya. Dia mengaku hendak melamar pekerjaan guna mengisi Gap Year (waktu jeda) hingga menunggu UTBK pada tahun berikutnya.

"Mungkin saat ini fokus mau kerja saja. Biar tidak jadi beban-beban banget lah. Maunya kerja di perusahaan gitu deh," jelas Ami.

Perihal pilihan lainnya seperti Sekolah Kedinasan, Ami tetap menyampaikan pilihan tersebut hendak diambilnya pada tahun depan. Dia pun tidak terpikir untuk mengambil kuliah di kampus swasta.

"Saya sepertinya mau fokus kerja saja dulu. Kalau semisal UTBK tahun depan belum lolos juga, saya tertarik mau belajar di Universitas Terbuka (UT)," jelas Ami.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3077 seconds (0.1#10.140)