Kenalkan Mahasiswa dengan Seniman Grafis Indonesia, FSRD IKJ Luncurkan Buku Gion Mitologi Urban

Kamis, 22 Juni 2023 - 16:40 WIB
loading...
Kenalkan Mahasiswa dengan Seniman Grafis Indonesia, FSRD IKJ Luncurkan Buku Gion Mitologi Urban
Dekan FSRD IKJ Anindyo Widito. Foto/MPI/Neneng Zubaidah.
A A A
JAKARTA - FSRD IKJ meluncurkan buku Gion Mitologi Urban Wayang Sugiono:Mitos Pasca-Pasar. Buku ini merangkum karya dari Alm Wagiono Sunarto yang diharapkan bisa menginpirasi para mahasiswa bidang seni rupa dan desain.

Alm Dr Wagiono Sunarto, M.Sc adalah seorang pegrafis. Ia belajar seni grafis pada perguruan tinggi seni rupa di Bandung yang sekarang dikenal sebagai Fakultas Seni Rupa Dan Desain Institut Teknologi Bandung (FSRD-ITB).

Wagiono Sunarto juga pernah menjabat sebagai Rektor Institut Kesenian Jakarta (IKJ) lalu menjabat sebagai Direktur Pascasarjana IKJ, dan pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain IKJ, hingga akhir hayatnya aktif mengajar di FSRD IKJ dan sekolah Pasca Sarjana IKJ.

Dekan FSRD IKJ Anindyo Widito mengatakan, buku ini dibuat sejak satu tahun lalu yang disusun bersama dengan almarhum Wagiono. "Buku ini kami dedikasikan untuk almarhum dan keluarganya," katanya pada peluncuran buku, dalam keterangan resmi, Kamis (22/6/2023).

Baca juga: Prof Suharnomo Jadi Rektor Terpilih Undip Periode 2024-2029

Anindyo berharap, semoga buku ini bisa menginspirasi generasi muda, terutama mahasiswa IKJ agar juga bisa menghasilkan karya sehebat yang dilahirkan oleh Wagiono yang karyanya sangat dikenal di bidang seni rupa dan desain ini.

Anindyo menuturkan, Wagiono merupakan sosok yang sangat berarti bagi dunia pendidikan seni rupa dan desain. Dia, ujar Anindyo, adalah salah satu tokoh desain grafis dan juga merupakan salah satu pelopor gerakan seni rupa baru di Indonesia.

Dia mengatakan, buku ini akan menjadi buku referensi mahasiswa FSRD IKJ. Namun lebih dari itu, buku ini akan memberikan sumbangan ke dunia ilustrasi yang kini terancam dengan keberadaan artifial intelligence atau kecerdasan buatan.

"Silakan diadu karya-karya beliau dan karya-karya AI. ini membuka angin segar bahwa karya ilustrasi yang dibuat dengan tangan itu belum mati," ucapnya.

Baca juga: Ditolak SNBP, Alvin Diterima di Jurusan Langka Unair Jalur SNBT 2023

"Maka rajinlah berkarya, dan jangan patah semangat. Tetap kreatif dan terus inovatif," pesan Anindyo kepada mahasiswa yang menekuni dunia seni rupa dan desain.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2542 seconds (0.1#10.140)