Kisah Inspiratif Arkan Faruki, Mahasiswa ITB Peraih Emas Kimia ONMIPA-PT 2023

Selasa, 27 Juni 2023 - 11:06 WIB
loading...
Kisah Inspiratif Arkan Faruki, Mahasiswa ITB Peraih Emas Kimia ONMIPA-PT 2023
ITB meraih juara umum dalam ONMIPA-PT 2023. Salah satu peraih prestasi ini adalah Arkan Faruqi Narawangsa, Mahasiswa Teknik Kimia ITB. Foto/ITB.
A A A
JAKARTA - ITB meraih juara umum dalam ONMIPA-PT Tahun 2023. Salah satu peraih prestasi ini adalah Arkan Faruqi Narawangsa, Mahasiswa Teknik Kimia ITB Angkatan 2021.

Arkan menyabet medali emas di Bidang Kimia. Setiap tahun, Badan Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) menyelenggarakan kegiatan Olimpiade Nasional bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan talenta dan prestasi mahasiswa di berbagai minat dan talenta, di antaranya dalam rumpun sains, riset dan teknologi. Pada 2023, Institut Teknologi Bandung (ITB) menjadi tuan rumah pelaksanaan ajang ini.

Menuju seleksi ONMIPA-PT ini, Arkan melakukan pelatihan bersama para dosen dan tutor sebaya. Terdapat tujuh orang dosen pembimbing dari program studi Kimia.

Baca juga: Biaya Kuliah Jalur Mandiri Universitas Andalas 2023, Lengkap Semua Fakultas

Pembimbingnya antara lainDr. Dikhi Firmansyah, Dr. Elvira Hermawati, Dr. Handajaya Rusli, Dr. Grandprix T. M. Kadja, Dr. Bambang Prijamboedi, Dr. rer. nat. Fainan Failamani, Dr. Eng. Yessi Permana, serta Dr. Ria Sri Rahayu. Adapun tutor sebaya merupakan alumni medali emas pada ONMIPA tahun-tahun sebelumnya.

Dalam sesi pelatihan, Arkan sering berkumpul dengan teman-teman ONMIPA di bidang Fisika. Pada kesempatan itu, dia pun banyak berbincang dengan teman-temannya mengenai berbagai hal yang dapat dikaitkan dengan Fisika.

“Bahas bahas hal random dan dihubung-hubungkan ke Fisika, misalnya saat nonton film horor malah ramai-ramai malah bahas ‘Ghost Field’ dan membuat film horornya malah jadi lucu,” ujar Arkan, dikutip dari laman ITB, Selasa (27/6/2023).

Pada pelaksanaan final pada 13-17 Juni 2023, terdapat sesi jalan-jalan ke Observatorium Bosscha. Arkan mengaku perjalanan ini sangat berkesan. “Bosscha ini merupakan situs bersejarah yang sangat terkenal di kalangan anak anak olimpiade sains,” ungkapnya.

Baca juga: Tidak Lolos SNBT? Untirta Buka Penerimaan Seleksi Mandiri UTBK 2023
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)