Unila Terima 5.348 Mahasiswa Baru di SNBT 2023, Apa Prodi yang Paling Diminati?

Selasa, 27 Juni 2023 - 15:49 WIB
loading...
Unila Terima 5.348 Mahasiswa Baru di SNBT 2023, Apa Prodi yang Paling Diminati?
Sebanyak 5.348 calon mahasiswa dinyatakan lolos SNBT 2023 di Unila dari total 28.759 pendaftar. Foto/Unila.
A A A
JAKARTA - Universitas Lampung ( Unila ) menerima sebanyak 5.348 calon mahasiswa baru di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes ( SNBT ) 2023. Mereka berhasil diterima setelah bersaing dengan 28.759 pendaftar.

Humas Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unila Dr. Fitra Darma mengatakan, Unila resmi menerima calon mahasiswa sebanyak 5.348 dari kuota 5.775 yang disediakan.

Fitra menyampaikan, nilai rata-rata Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi diraih program studi Pendidikan Dokter, Farmasi, Teknik Informatika, dan Digital Bisnis.

Prodi Paling Diminati

Sedangkan program studi dengan peminat terbanyak tahun ini di Unila jalur SNBT 2023 adalah Pendidikan Dokter dengan jumlah peminat 2.281 pendaftar, disusul Hukum 2.157 peminat, dan Manajemen dengan jumlah peminat 1.586 orang.

Baca juga: Jurusan SV IPB University Ini Bisa Mengantarmu Bekerja di Industri Pertanian Modern

“Perbandingan tingkat keketatan keseluruhan dari total peminat adalah satu berbanding enam orang dengan jumlah peminat 28.759 dan total calon mahasiswa yang diterima 5.348,” ucapnya, dikutip dari laman Unila, Selasa (27/7/2023).

Jalur Mandiri Unila

Selain SNBT, Unila juga membuka beberapa penerimaan mahasiswa baru di jalur seleksi mandiri yang dibuka mulai 20 Juni 2023 hingga 30 Juni 2023. Beberapa jalur mandiri yang dibuka adalah Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Lampung (SMPTL), Penerimaan Mahasiswa Perluasan Akses Pendidikan (PMPAP), Prestasi Khusus, dan Kelas Internasional untuk fakultas ekonomi dan bisnis.

Salah satu program seleksi jalur mandiri yang baru dibuka pada tahun ini, yaitu SMPTL. SMPTL merupakan seleksi calon mahasiswa baru jalur mandiri yang penyelenggaraannya dilakukan Unila dengan mengikutsertakan secara bersama perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di Provinsi Lampung.

Unila bekerja sama dengan empat perguruan tinggi swasta di Lampung untuk menyelenggarakan SMPTL tahun 2023. Keempat PTS tersebut meliputi Universitas Malahayati, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya, Universitas Teknokrat Indonesia, dan Universitas Muhammadiyah Lampung.

Baca juga: Jaga Kesehatan, Dosen Unair Ungkap Pentingnya Diversifikasi Makanan Saat Iduladha

Secara umum, SMPTL bertujuan untuk menyeleksi calon mahasiswa yang berpotensi dan berkualitas akademik untuk melanjutkan studi di Unila atau di salah satu PTS anggota SMPTL tahun 2023. Seleksi dilakukan berdasarkan hasil ujian tulis berbasis komputer yang diselenggarakan Unila.

Unila terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan menerapkan prinsip PROAKTIF (Profesional, Akuntabel, Transparan, dan Informatif).

Dengan demikian, Unila berharap dapat menghasilkan sumber daya manusia unggul dari para calon mahasiswa yang akan berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia Emas serta mengembalikan marwah Unila sebagai salah satu kampus terbaik di Indonesia.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)