Top, UI Universitas Terbaik Pertama di Indonesia Versi QS WUR 2024

Rabu, 28 Juni 2023 - 15:23 WIB
loading...
Top, UI Universitas Terbaik Pertama di Indonesia Versi QS WUR 2024
UI masuk sebagai universitas terbaik pertama di Indonesia versi QS WUR 2023. Foto/Dok/Humas UI.
A A A
JAKARTA - Universitas Indonesia (UI) kembali mencatat prestasi sebagai peringkat 1 di Indonesia versi Quacquarelli Symonds World University Rankings ( QS WUR ) 2024. Sementara di kawasan Asia Tenggara, UI menduduki peringkat kesembilan.

Posisi tersebut berdasarkan peringkat QS yang dikeluarkan pada Rabu (28/6), pukul 03.00 WIB. UI menjadi yang terbaik dari 26 universitas di Indonesia yang mengikuti pemeringkatan ini.

QS World University Rankings edisi ulang tahun ke-20 ini diikuti oleh 2.963 universitas dari 104 wilayah. Dari total 1.500 universitas yang dipublikasikan, UI meraih peringkat 237 dunia, naik dari peringkat sebelumnya 248.

Artinya, UI masuk dalam 16% teratas universitas terbaik dunia versi QS World University Rankings. Rektor UI Prof. Ari Kuncoro mengapresiasi seluruh kerja keras sivitas akademika UI.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Berdasarkan QS WUR 2024

“Tidak dapat dipungkiri, kerja keras dari seluruh sivitas akademika UI sangat berkontribusi dalam pencapaian ini. Oleh sebab itu, saya berharap setiap warga UI bersama-sama meningkatkan lagi posisi UI di dunia global—baik Asia, maupun dunia—dan bersama-sama menjaga marwah UI.,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (28/6/2023).

Terkait pemeringkatan ini, sebelumnya, QS menetapkan enam indikator dalam penilaian yang meliputi Academic Reputation, Citations per Faculty, Employer Reputation, Faculty Student Ratio, International Faculty, dan International Students.

Tahun ini, QS melakukan perbaikan metodologi yang paling signifikan sejak 20 tahun lalu dengan menambahkan tiga indikator baru, yaitu Employment Outcomes, International Research Network, dan Sustainability, sehingga total ada 9 indikator yang dijadikan acuan pemeringkatan.

CEO QS, Jessica Turner, menyebutkan bahwa pemeringkatan edisi ke-20 ini hadir saat prioritas dalam pendidikan tinggi makin berkembang. QS memiliki posisi istimewa sebagai titik penghubung di sektor pendidikan tinggi—terhubung dengan jutaan siswa, ratusan ribu akademisi dan pemberi kerja, serta ribuan institusi di seluruh dunia.

Baca juga: Unika Atma Jaya Masuk Daftar Universitas Terbaik di QS WUR 2024

“Kami telah melihat fokus dari pergeseran pemangku kepentingan yang berbeda ini sebagai respons terhadap tren yang lebih luas dalam pendidikan dan masyarakat. Untuk mencerminkan kecerdasan kolektif dalam wawasan kinerja QS, kami telah memasukkan tiga indikator baru ke dalam QS World University Rankings,” ujar Jessica.

Dari sembilan indikator tersebut, UI memperoleh score tertinggi pada indikator International Faculty dan Employer Reputation. Sementara itu, untuk indikator Employer Reputation dan Employment Outcomes, UI menduduki peringkat 1 dari seluruh universitas di Indonesia yang masuk dalam QS World University Rankings 2024.

Kepala Biro Transformasi, Manajemen Risiko, dan Monitoring Evaluasi (TREM) UI, Vishnu Juwono, menyampaikan, “Pencapaian UI di QS WUR 2024 merefleksikan komitmen UI terhadap peningkatan kualitas pengajaran, riset, dan pengabdian masyarakat secara terus-menerus sehingga rangking UI mengalami tren meningkat sejak tahun 2020,' katanya.

Selain itu, Vishnu menyebut bahwa ranking UI saat ini adalah yang tertinggi di QS WUR selama 10 tahun terakhir.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2156 seconds (0.1#10.140)