Perbandingan Sistem Pendidikan Nasional vs Singapura, Indonesia Tertinggal Jauh?

Kamis, 29 Juni 2023 - 11:39 WIB
loading...
Perbandingan Sistem Pendidikan Nasional vs Singapura, Indonesia Tertinggal Jauh?
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia Nadiem Makarim memiliki tugas yang tak ringan untuk membenahi sistem pendidikan Nasional yang disebut-sebut tertinggal dengan pendidikan Singapura. Foto/Dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Sistem pendidikan Indonesia memiliki perbedaan signifikan dengan pendidikan di Singapura. Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat signifikan dalam sebuah kehidupan berbangsa.

Singapura merupakan salah satu negara yang telah memiliki kemajuan dalam bidang pendidikan. Meski sama-sama sebagai negara Asia Tenggara, pendidikan Indonesia memiliki perbedaan cukup siginifikant dengan negara kita. Seperti apa perbandingan pendidikan Indonesia dan Singapura?

Sistem Pendidikan Singapura
Perbandingan Sistem Pendidikan Nasional vs Singapura, Indonesia Tertinggal Jauh?

Singapura adalah salah satu negara yang memiliki kualitas pendidikan terbaik di dunia. Anda bisa melihat bagaimana kualitasnya di hasil survei Programme for International Student Assessment atau PISA. Kualitas pendidikan Indonesia vs Singapura bisa dibilang kalah jauh.



Dalam survei tersebut, kemampuan siswa usia 15 tahun di Singapura dalam hal membaca, matematika dan sains berada di peringkat kedua dari 78 negara.

Sedangkan Indonesia hampir berada di juru kunci. Mengapa bisa perbedaannya sangat besar seperti ini? Salah satunya adalah pemerintah Singapura selalu berupaya untuk meningkatkan kapasitas siswanya.

Fokus Sains dan Matematika

Mereka lebih fokus dengan pendidikan dengan sistem STEM atau science, technology, engineering and mathematics. Setiap siswa diwajibkan untuk belajar matematika ataupun sains dari sekolah dasar hingga lanjutan dan setiap topik pelajarannya pun harus dipahami secara konseptual.

Bahasa Inggris Sebagai Pengantar, Siswa Wajib Bisa
Perbandingan Sistem Pendidikan Nasional vs Singapura, Indonesia Tertinggal Jauh?

Foto/Ist

Tak hanya itu saja yang menjadikan kualitas pendidikan di Singapura sangat maju. Dalam kegiatan belajarnya, para guru dan murid lebih memilih menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sebab, bahasa ini digunakan dalam ilmu pengetahuan dan perdagangan dunia sehingga setiap siswa terbiasa menggunakannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1437 seconds (0.1#10.140)