34 Kampus Ikut Program Wirausaha Merdeka 2023, Mahasiswa Yuk Daftar!

Jum'at, 30 Juni 2023 - 11:03 WIB
loading...
34 Kampus Ikut Program Wirausaha Merdeka 2023, Mahasiswa Yuk Daftar!
Sebanyak 34 perguruan tinggi telah terpilih sebagai PTP Program Wirausaha Merdeka (WMK) 2023. Foto/Kemendikbudristek.
A A A
JAKARTA - Sebanyak 34 perguruan tinggi akademik dan vokasi telah terpilih sebagai Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Program Wirausaha Merdeka (WMK) 2023. Program Kemendikbudristek ini adalah salah satu implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program Wirausaha Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengasah jiwa kewirausahaan, mendorong peningkatan pengalaman wirausaha dan peningkatan daya kerja mahasiswa.

Selama belajar di Perguruan Tinggi Pelaksana, mahasiswa akan mendapatkan pendampingan dari praktisi ahli serta akademisi yang memiliki kepakaran di bidang bisnis serta mempraktikkan secara langsung prinsip-prinsip kewirausahaan yang dipelajari.

“Program Wirausaha Merdeka adalah program yang dirancang untuk bisa menumbuhkan wirausaha-wirausaha muda yang tidak didasarkan secara langsung, akan tetapi dengan desain perencanaan yang matang,” ujar Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Partiwi, melalui siaran pers, Jumat (30/6/2023).

Baca juga: 7 PTN dengan Jalur Mandiri Online 2023, Calon Mahasiswa Bisa Berhemat

“Harapannya bagian pengajaran lebih jelas dengan berbagai kegiatan penguatan sehingga setelah program selesai, pesertanya bisa diakselerasi untuk mampu membangun wirausahanya secara mandiri,” lanjutnya.

Melalui program ini, mahasiswa akan memperoleh kompetensi dasar seperti kemampuan mengidentifikasi dan merespons peluang, kemampuan membuat perencanaan usaha, serta kepercayaan diri dan orientasi yang terarah.
Pengalaman belajar selama satu semester tersebut diharapkan menjadi nilai tambah yang sangat bernilai sebagai peningkatan kompetensi mahasiswa.

Pendaftaran program bagi mahasiswa masih dibuka hingga 10 Juli 2023. Pendaftaran Program Wirausaha Merdeka mahasiswa dapat melakukan registrasi akun di laman resmi program telah dibuka sejak 22 Mei.

Informasi lebih lanjut mengenai pelaksanaan Program Wirausaha Merdeka Angkatan 2 tahun 2023 dapat diakses melalui laman wirausahamerdeka.kampusmerdeka.kemdikbud.go.id.

Pada pelaksanaan program yang pertama di tahun 2022 lalu, tercatat lebih dari 11.000 mahasiswa telah mendapatkan kesempatan untuk mengasah kompetensi kewirausahaannya di 17 PTP terpilih.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1689 seconds (0.1#10.140)