Raih Juara Umum KRI 2023, PENS Wakili Indonesia di Kontes Robot Asia Pasifik

Senin, 03 Juli 2023 - 07:48 WIB
loading...
Raih Juara Umum KRI 2023, PENS Wakili Indonesia di Kontes Robot Asia Pasifik
Tim Robot PENS akan wakili Indonesia di kontes robot Asia Pasifik setelah berhasil meraih juara umum KRI 2023. Foto/Ditjen Vokasi.
A A A
JAKARTA - Tim Robot Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) berhasil meraih Juara Umum Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023. Atas prestasinya tersebut, salah satu tim robot dari PENS ini akan mewakili Indonesia dalam ajang ABU Asia Pacific Robot Contest 2023 di Phnom Penh, Cambodia.

Tim robot PENS yang akan berangkat ke ABU Asia Pacific Robot Contest 2023 adalah tim robot EIRA PENS. Tim robot ini berhasil memenangi Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI).

KRAI adalah divisi KRI yang dipertandingkan untuk memilih wakil Indonesia dalam ajang Asia Pacific Robot Contest.

Tim robot EIRA resmi menjadi wakil Indonesia setelah robot EIRA mengalahkan robot ABUROBONEMA dari Politeknik Negeri Malang di babak final Kontes Robot Indonesia 2023 yang diselenggarakan di Gelanggang Olahraga (GOR) Gelora Prof. Sudarto, Universitas Semarang, Minggu (25/6/2023). Robot EIRA berhasil unggul atas ABUROBONEMA dengan skor akhir 160:90.

Baca juga: 15 Universitas Terbaik di Dunia Versi QS WUR 2024, No 8 Negara Tetangga Indonesia

Tidak hanya Robot EIRA, PENS yang mengirimkan total sebanyak 7 (tujuh) tim robotnya itu berhasil memenangi sejumlah kategori dalam kompetisi robot bergengsi yang diikuti oleh perguruan tinggi dari seluruh Indonesia, baik perguruan tinggi akademik maupun politeknik tersebut. Dari sekitar tujuh kategori yang dilombakan, PENS total membawa pulang 8 (delapan) penghargaan.

Atas prestasi para mahasiswanya tersebut, Direktur PENS, Aliridho Barakbah, mengaku sangat bersyukur.

“Kemenangan ini merupakan hasil perjuangan tim yang didukung dengan doa dari berbagai pihak,” kata Aliridho, dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Senin (3/7/2023).

Aliridho juga turut memberikan pesan kepada para mahasiswanya untuk tetap rendah hati dengan capaian prestasi yang baru saja diraih.

Baca juga: Hebat, Mahasiswa Indonesia Juara 1 Kompetisi Gimnastik di Jerman

Selain Tim EIRA yang berhasil lolos sebagai juara pertama, Tim ERISA dan ERSOW juga menempati posisi pertama pada divisi Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI) dan Kontes Robot Sepakbola Beroda (KRSBI-B).

Sementara itu, tim EMOSVER berada di posisi ketiga, sekaligus menerima penghargaan Underwater Robot Pioneer Award pada divisi Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).
Penghargaan lainnya diterima oleh Tim EILERO yang berhasil menempati juara harapan dan menerima penghargaan desain terbaik di Kontes Robot SAR Indonesia (KRSI)
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)