Cerita Gaos, Mahasiswa Unair yang Lolos Sekolah Staf Presiden 2023

Senin, 03 Juli 2023 - 16:37 WIB
loading...
Cerita Gaos, Mahasiswa Unair yang Lolos Sekolah Staf Presiden 2023
Gaos Tipki Alpandi, mahasiswa Unair yang lolos program Sekolah Staf Presiden 2023. Foto/Unair.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Unair Gaos Tipki Alpandi berhasil dinobatkan menjadi bagian dari Sekolah Staf Presiden (SSP) 2023. Dia pun membagikan tips supaya lolos SSP bagi mahasiswa lainnya.

Gaos Tipki Alpandi adalah mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Airlangga (Unair) program studi Statistika Angkatan 2020.

Mengenal Sekolah Staf Presiden


Kantor Staf Presiden RI merupakan institusi yang mengadakan Sekolah Staf Presiden (SSP) sebagai program inkubator kepemimpinan nasional.

Para peserta yang terpilih nantinya akan berkesempatan untuk mendapatkan pembinaan selama 14 hari di Gedung Bina Graha Istana Kepresidenan, Jakarta.

“Pembinaan tersebut bertujuan untuk upskilling, reskilling, dan new skilling pemimpin muda sehingga nantinya dapat dipersiapkan jadi negarawan masa depan,” katanya, dikutip dari laman Unair, Senin (3/7/2023).

Baca juga: Calon Mahasiswa Kedokteran Wajib Tahu, Ini Perbedaan Gelar SpKK, SpDV, dan SpDVE

Selain itu mereka yang terpilih juga akan belajar cara merumuskan kebijakan yang sesuai dengan tugas Kantor Staf Presiden.

Seperti pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik, dan pengelolaan isu strategis. Sehingga mereka dapat belajar lebih terkait perkembangan politik di Sekolah Staf Presiden tersebut.

Ingin Raih Pengalaman Baru


Sebagai mahasiswa kita tidak akan puas dengan satu pencapaian, sehingga dengan ketidakpuasan tersebut akan membuat diri kita selalu upgrade dan ingin mencari ilmu yang lebih.

Hal itulah yang tentunya dirasakan oleh Gaos pasalnya di semester tingkat akhir ini Gaos tetap aktif dalam mencari pengalaman baru.

“Alasan aku mendaftar dalam SSP 2023 ini adalah aku ingin mendapatkan pengalaman belajar langsung dari Kantor Staf Presiden RI. Karena kita tahu bahwa KSP RI tuh lembaga negara yang juga memiliki fungsi penting dalam pemerintahan,” ujarnya.

Selain itu, menurutnya, dia ingin belajar bagaimana cara implementasi suatu kebijakan baru. Sesederhana dari pertanyaan yang sering muncul di benaknya apakah semudah itu atau memang se-complicated itu dalam membuat kebijakan baru pada suatu pemerintahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)