Ini Keunggulan Jurusan Pascasarjana Kimia IPB, Prospek Kerja Cerah Menanti

Selasa, 04 Juli 2023 - 05:45 WIB
loading...
Ini Keunggulan Jurusan Pascasarjana Kimia IPB, Prospek Kerja Cerah Menanti
Mengenal jurusan kuliah pascasarjana Kimia IPB University. Foto/Dok/Humas IPB University.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Pascasarjana Kimia IPB University telah terakreditasi sangat baik. Selain itu, berbagai program dan kolaborasi internasional juga didorong agar profil Pascasarjana Kimia IPB University semakin unggul.

Dosen Departemen Kimia IPB University Prof Purwantiningsih Sugita mengatakan, ciri khas yang unik dari Prodi Pascasarjana Kimia IPB University dibandingkan perguruan tinggi lain adalah mandat keilmuannya.

“Kurikulum Pascasarjana Kimia IPB University berbasis riset, sesuai mandat dan visi misi IPB University sehingga dapat mengembangkan ilmu dasar (kimia) bagi sektor pertanian, perikanan maupun tropika. Para mahasiswa juga dituntut untuk memiliki skill dalam pengolahan sektor-sektor tersebut agar dapat menjadi produk unggul yang mampu berdaya saing,” ujarnya, melalui siaran pers, dikutip Selasa (4/7/2023).

Baca juga: Mengenal Jurusan Planologi dan Prospek Kerjanya yang Luas di Masa Depan

Program Studi (prodi) Pascasarjana Kimia IPB University menekankan pada riset untuk komoditi biomaterial. Melalui berbagai manipulasi, barang yang tadinya tidak berguna menjadi bernilai tambah.

Mandat tersebut yang menjadi ketertarikan tersendiri bagi alumni dan mahasiswa Pascasarjana Kimia IPB University. Alumni S2 Kimia IPB University Suharti mengatakan, program sinergi yang dipilihnya sangat sesuai dengan minatnya.

“Saya dapat melakukan riset sintesis keanekaragaman hayati Indonesia dan menggali potensinya,” ungkapnya.

Mahasiswa S2 Pascasarjana Kimia IPB University Hemas Arif Rahman menuturkan, ia dapat mempelajari teknologi prospektif berorientasi biomaterial dengan lebih dalam.

Baca juga: 7 Jurusan Teknik Berpeluang Kerja Menjanjikan, Nomor 5 Alumninya Langka dan Gajinya Besar

“Fasilitas seperti laboratorium advanced berisi alat-alat canggih yang disediakan oleh IPB University juga sangat menunjang riset bertemakan biomaterial tersebut,” pungkas Hemas.

Keunikan lainnya, mahasiswa juga dapat mendaftarkan diri melalui program by research. Mahasiswa akan diarahkan untuk menempuh studi Pascasarjana berbasis riset, bukan belajar mengajar secara reguler. Kesempatan tersebut dapat menjadi pilihan tepat bagi mahasiswa yang ingin menempuh studi dengan menekankan riset dan tetap lulus tepat waktu.

Mahasiswa S3 Pascasarjana Kimia IPB University M Miftahul Madya menuturkan, berbagai publikasi ilmiah unggul berbasis riset biomaterial juga menjadi daya tarik bagi dirinya. “Melihat berbagai publikasi yang diterbitkan Prodi Pascasarjana Kimia IPB University menarik minat saya untuk memperdalam materi metabolomik,” pungkasnya.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2921 seconds (0.1#10.140)