Industri Berperan Penting di Transformasi Pendidikan Vokasi

Rabu, 05 Juli 2023 - 17:30 WIB
loading...
Industri Berperan Penting di Transformasi Pendidikan Vokasi
Suasana praktik kerja para siswa di SMKN 1 Cibinong. Foto/Neneng Zubaidah.
A A A
JAKARTA - Pendidikan vokasi dalam beberapa tahun terakhir telah melakukan transformasi sehingga kian diminati oleh masyarakat. Hal ini tidak terlepas dari adanya peran dunia industri .

Dulu melanjutkan studi ke SMK maupun Politeknik mungkin bukan menjadi pilihan utama, namun saat ini pendidikan vokasi justru menawarkan lulusan-lulusan yang siap kerja dan relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Peningkatan kepercayaan publik terhadap pendidikan vokasi tidak terlepas dari kemitraan yang terjalin antara satuan pendidikan vokasi dengan DUDI.

Praktik baik kemitraan ini yang kemudian dituangkan dalam sebuah buku berjudul “Mendobrak Mitos: 20 Kisah Inspiratif Pendidikan Vokasi”.

Dalam kesempatan ini, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Kemendikbudristek, Uuf Brajawidagda mengungkapkan, pendidikan vokasi dibutuhkan untuk melakukan lompatan-lompatan ekonomi. Bahkan, negara dengan ekonomi yang maju pun adalah negara yang aware pada pendidikan vokasi.

Baca juga: 21 Kampus Top Luar Negeri Lengkap dengan Jurusannya yang Menerima Maulana Fatahillah Adzima

Seperti Singapura, memang yang terkenal adalah NTU dan NUS, tetapi Singapura juga memiliki lima politeknik yang besar.

"Kita sudah berada di jalan yang benar, dan jenis pendidikan yang paling singkat koneksinya dengan ekonomi adalah pendidikan vokasi. Pola-pola pembelajaran di vokasi itu selaras dengan kebutuhan industri,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (5/7/2023).

Transformasi pendidikan vokasi di Tanah Air sendiri tidak terlepas dari kontribusi pelaku DUDI. Agustina Tutik selaku Ketua Tim Strategi dan Perencanaan Konsorsium Pengusaha Peduli Sekolah Vokasi mengatakan, industri ingin turut terlibat dalam pembangunan SDM melalui pendidikan vokasi.

Saat ini, anggota konsorsium terdiri atas sembilan perusahaan besar, yaitu Sinarmas, Protelindo, Garudafood, Wingsfood, Indofood, Astra, Triputra Grup, Agung Sedayu, dan Barito Pacific.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3329 seconds (0.1#10.140)