5 Jurusan Diploma Favorit di UGM, Bisa Jadi Acuan Masuk PTN Tahun Depan

Selasa, 11 Juli 2023 - 06:47 WIB
loading...
5 Jurusan Diploma Favorit di UGM, Bisa Jadi Acuan Masuk PTN Tahun Depan
5 jurusan diploma yang menjadi favorit di Universitas Gadjah Mada (UGM). Foto/Dok/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Lima jurusan kuliah diploma favorit di UGM menarik diketahui calon mahasiswa. Salah satu di antaranya adalah prodi D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak.

Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi salah satu perguruan tinggi populer di Tanah Air. Pada prosesnya, mereka juga memiliki sejumlah program studi Diploma IV (D4) yang berada di Sekolah Vokasi (SV) UGM.

SV UGM merupakan pendidikan tinggi vokasi seperti politeknik yang berada di dalam tata kelola Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dari sekian jurusan yang dimiliki, beberapa di antaranya memiliki banyak peminat, termasuk pada seleksi penerimaan 2022 lalu. Berikut daftarnya.

Jurusan Diploma Favorit di UGM

1. Manajemen Informasi Kesehatan

Manajemen Informasi Kesehatan menjadi salah satu program studi Diploma IV (D4) yang berada di Universitas Gadjah Mada (UGM). Jurusan dengan akreditasi ‘Baik’ ini menjadi salah satu prodi D4 dengan peminat terbanyak di tahun 2022 lalu.

Dikutip dari laman sidata-ptn.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, jumlah peminat jurusan Manajemen Informasi Kesehatan pada 2022 sebanyak 636 orang.

Mengutip laman resminya, jurusan ini berfokus untuk mempersiapkan lulusan di bidang rekam medis dan informasi kesehatan. Para lulusan ini diharapkan memiliki kompetensi unggulan kodefikasi penyakit terkait klaim asuransi kesehatan, analisis data kesehatan, serta pemanfaatan teknologi informasi untuk menunjang pelayanan dan manajemen informasi kesehatan.

Terkait prospek kerja yang dimilikinya, para lulusannya bisa bekerja sebagai tenaga perekam medis ahli di fasilitas pelayanan kesehatan, lembaga jaminan kesehatan, hingga perusahaan yang berfokus di bidang kesehatan.

Baca juga: IPB Buka Prodi Baru S1 Smart Agriculture Kelas Internasional, Kolaborasi dengan Korsel

2. Manajemen dan Penilaian Properti

Program studi D4 Manajemen dan Penilaian Properti UGM ditujukan untuk mempersiapkan lulusan yang menguasai keilmuan manajemen properti, penilaian properti, dan studi kelayakan properti.

Mengutip laman resmi UGM, program studi ini memiliki akreditasi ‘Baik’ dari BAN-PT. Predikat tersebut berlaku sejak 6 Juli 2021 hingga 6 Juli 2026 mendatang.

Untuk prospek kerjanya sendiri, lulusan Manajemen dan Penilaian Properti bisa bekerja di sejumlah sektor. Sebut saja seperti pemerintah pusat (Kantor Pelayanan Pajak, Kemenkeu, dll), BUMN, pemerintah daerah (Dinas Pendapatan Daerah, BUMD), kantor jasa penilai publik (KJPP), hingga perusahaan swasta maupun internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1458 seconds (0.1#10.140)