Daftar 7 Kampus dengan Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia

Selasa, 11 Juli 2023 - 07:39 WIB
loading...
Daftar 7 Kampus dengan Jurusan Desain Interior Terbaik di Indonesia
7 kampus dengan jurusan Desain Interior terbaik di Indonesia yang perlu diketahui calon mahasiswa. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Jurusan Desain Interior kini menjadi salah satu jurusan kuliah favorit calon mahasiswa baru. Mengingat saat ini prospek kerja yang ditawarkan cukup bagus dan bergaji tinggi.

Para mahasiswa jurusan Desain Interior nantinya akan mempelajari perencanaan tata letak serta perancangan ruangan. Tidak hanya berkutat pada bentuk desain, namun juga memperhatikan aspek estetik suatu ruangan.

Prospek lulusan desain interior sendiri cukup banyak, mulai dari bekerja pada perusahaan konstruksi, properti, menjadi distributor produk interior, bergabung dengan biro konsultan, hingga mendirikan biro sendiri.

Dikutip dari laman resmi masing-masing PTN dan laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), berikut tujuh kampus dengan jurusan Desain Interior terakreditasi Unggul dan A.

Baca juga: 6 Jurusan Diploma IPB Paling Diminati, Ketahui Yuk Sebagai Acuan Kamu

7 Kampus dengan Jurusan Desain Interior Terbaik

1. Universitas Bina Nusantara (BINUS University)


Sebagai salah satu kampus swasta terbaik di Indonesia, kualitas pendidikan yang dihadirkan tentulah tidak perlu diragukan lagi. Desain Interior S1 BINUS telah terakreditasi A BAN PT.

Dilansir dari laman resminya, pada program studi Interior Design BINUS University, mahasiswa akan memahami untuk memecahkan masalah di Perumahan, Penerangan, Ritel, Perkantoran, Hotel dan area komersial lainnya.

2. Telkom University


Jurusan S1 Desain Interior Telkom University yang terakreditasi A BAN PT adalah salah satu jurusan yang ada di Fakultas Industri Kreatif.

Telkom University menerapkan Information Communication and Technology dalam sistem pembelajarannya diharapkan dapat menciptakan lulusan yang bersaing secara global.

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Menurut laman resmi ITB, Program Studi Desain Interior FSRD ITB merupakan program pendidikan desain interior pertama di Indonesia sejak 1959. Kurikulum pembelajarannya dapat mencakup berbagai mata kuliah yang berkaitan dengan desain, seni, arsitektur dan teknik.

Baca juga: 5 Negara di Eropa untuk Kuliah Jurusan Teknik Terbaik, Pilih Jerman atau Belanda?

Berdasarkan laman BAN PT, prodi Desain Interior S1 ITB telah terakreditasi Unggul.

4. Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta


Program Studi Desain Interior adalah bagian dari Jurusan Desain, Fakultas Seni Rupa, di ISI Yogyakarta. Program Desain Interior ini memfokuskan pembelajaran pada perancangan ruang dalam yang fungsional dan estetis dengan mengikuti perkembangan kemajuan teknologi.

Berdasarkan laman BAN PT, prodi Desain Interior S1 ISI Yogyakarta telah terakreditasi Unggul.

5. Universitas Sebelas Maret (UNS)


Prodi Desain Interior UNS telah berdiri sejak 1981, yang pada awalnya mengusung nama Studio Arsitektur Interior. Lulusan jurusan desain interior UNS nantinya akan memiliki kompetensi dalam hal desain furniture, produk interior, konsultan perencanaan interior, hingga manajemen konstruksi interior.

Berdasarkan laman BAN PT, prodi Desain Interior S1 ITB telah terakreditasi Unggul.

6. Universitas Tarumanagara (Untar)


Untar memiliki prodi S1 Desain Interior yang terakreditasi Unggul BAN PT. Kuliah Desain Interior Untar dapat dituntaskan dalam tujuh semester dengan memberikan keleluasaan bagi mahasiswa untuk berpikir kreatif dengan menguasai bidang keahlian seperti furnitur, eksibisi, pencahayaan, dan dekoratif.

7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)


ITS menjadi kampus selanjutnya yang menawarkan prodi Desain Interior, para mahasiswa yang berkuliah mengambil jurusan ini nantinya akan mendapat beberapa fasilitas yang diantaranya, studio animasi, laboratorium, ruang baca, hingga gedung desain interior.

Berdasarkan laman BAN PT, prodi Desain Interior S1 ITS telah terakreditasi A.

Demikian tujuh universitas dengan jurusan Desain Interior terbaik di Indonesia yang bisa menjadi rekomendasi untuk lanjut studi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)