4 Jurusan yang Bisa Bantu Kamu Menjadi CEO Perusahaan, Apa Saja?

Rabu, 12 Juli 2023 - 18:30 WIB
loading...
4 Jurusan yang Bisa Bantu Kamu Menjadi CEO Perusahaan, Apa Saja?
Melihat riwayat pendidikan sejumlah CEO terkenal, setidaknya ada 4 jurusan kuliah yang berpotensi menjadikan lulusannya CEO perusahaan yakni Studi Bisnis, Teknik, Hukum dan Fisika.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - 4 jurusan ini berpeluang bisa membantu kamu untuk menjadi CEO perusahaan. Seiring waktu, pernahkah kamu bertanya, kalau mau jadi CEO kuliah jurusan apa? Sekarang untuk menjadi pebisnis bukan lagi mimpi belaka.

Sudah banyak contohnya para pebisnis muda dengan berbagai usaha, mulai dari marketplace, minuman kekinian, kebab, burger, dan banyak lagi yang merupakan lulusan universitas tertentu. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut jurusan kuliah yang berpotensi membantu kamu menjadi CEO perusahaan.

Kalau Mau Jadi CEO Kuliah Jurusan Apa? Ini Daftar Program Studinya

1. Program Studi Bisnis

Bisnis atau MBA, yakni Master Of Business Administration merupakan prodi yang bisa kamu pilih untuk menjadi CEO perusahaan.
Sesuai dengan namanya, prodi ini memberikan pelajaran terkait manajemen sebuah bisnis sehingga operasionalnya bisa lebih tertata rapi.

Salah satu contoh pendiri bisnis kekinian yang merupakan lulusan MBA Harvard University adalah Nadiem Makarim.
Nadiem merupakan CEO ojek online, Gojek dan saat ini menjabat sebagai Mendikbud Ristek.Terus, kamu kalau mau jadi CEO kuliah jurusan apa? Ilmu bisnis merupakan dasar ilmu yang bisa membantu kamu menjadi pebisnis setelah lulus kuliah.



Program studi ini mengajarkan bagaimana pengelolaan, perencanaan, dan pengembangan bisnis sesuai dengan masanya.
Jika secara teori telah dipelajari dengan baik, maka sisanya ketika harus praktik, kamu memiliki panduan tepat terkait apa yang harus dilakukan.Hal seperti ini menjadi sangat penting, terutama bagi pebisnis pemula dalam menghadapi persaingan ketat nantinya.

2. Jurusan Hukum

Hukum bisa menjadi salah satu opsi ketika kamu bercita-cita menjadi seorang CEO perusahaan. Ada beberapa contoh lulusan program studi Hukum yang berhasil.

Seperti Min Liang Tan, pendiri Razer, aplikasi berbasis games. Min Liang Tan merupakan sarjana lulusan National University of Singapore jurusan Hukum. Sementara lainnya ada Bill Gates, tercatat sebagai mahasiswa Hukum Harvard University sampai tahun 1975.



Siapa tidak mengenal Gates, pendiri Microsoft kaya raya sedunia? Lantas kalau mau jadi CEO kuliah jurusan apa? Ilmu Bisnis merupakan prodi yang tidak perlu dipertanyakan, namun Hukum harus kamu ketahui detailnya.

Nanti ketika mendirikan usaha, kamu dihadapkan pada pengurusan dokumen supaya usaha menjadi legal dan aman. Orang-orang lulusan Hukum tentu lebih mudah memahami alurnya sehingga bisnis dapat segera berjalan lancar.

3. Jurusan Teknik

Teknik terkesan sebagai program studi yang berhubungan dengan terjun ke lapangan langsung. Padahal, tercatat beberapa pebisnis sukses dunia yang ternyata merupakan lulusan program studi Teknik dari beberapa negara.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3315 seconds (0.1#10.140)