5 Kampus dengan Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia Versi BAN-PT, Ada yang Masuk Daftar QS WUR

Kamis, 13 Juli 2023 - 06:12 WIB
loading...
5 Kampus dengan Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia Versi BAN-PT, Ada yang Masuk Daftar QS WUR
5 kampus dengan jurusan Biologi terbaik di Indonesia, bisa jadi rekomendasi kuliah tahun depan. Foto/i3L.
A A A
JAKARTA - Lima kampus jurusan kuliah Biologi terbaik di Indonesia versi BAN PT bisa menjadi rekomendasi kuliah. Kelima kampus tersebut berada di Pulau Jawa.

Mahasiswa yang masuk jurusan Biologi nantinya akan mempelajari tentang organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, evolusi dan interaksinya dengan lingkungan. Biologi memiliki cabang ilmu seperti bioteknologi, mikrobiologi, ekologi, dan lainnya.

Jurusan yang satu ini juga memiliki prospek kerja menjanjikan. Dikutip dari laman ITB, lulusannya tidak hanya bisa bekerja di Instansi pemerintah saja. Lulusan sarjana Biologi juga bisa bekerja di industri bidang bahan makanan dan obat-obatan.

Hingga saat ini banyak Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang menyediakan jurusan Biologi. Namun, hanya ada beberapa kampus yang memiliki jurusan Biologi versi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Berikut lima kampus dengan jurusan biologi terbaik di Indonesia versi BAN PT yang sudah terakreditasi Unggul.

5 Kampus dengan Jurusan Biologi Terbaik di Indonesia Versi BAN-PT

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)


Jurusan Biologi ITB adalah salah satu program studi sarjana yang ditawarkan oleh Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati (SITH) ITB. Jurusan Biologi di ITB akan fokus pada kajian sistem biologis, mulai dari sel sampai biosfer.

Baca juga: 10 Jurusan IPA yang Dibutuhkan 5 Tahun ke Depan, Hati-hati Jangan Salah Pilih

Salah satu fokus pengajaran dan penelitiannya adalah penggunaan big data dalam menyelesaikan masalah yang ada dalam sistem biologi. Jurusan Biologi ITB juga memiliki keunggulan dalam bidang bioteknologi, mikrobiologi, ekologi, konservasi, dan lainnya.

2. Universitas Indonesia (UI)

Melalui Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), UI juga menawarkan jurusan Biologi yang masuk dalam kategori terbaik versi BAN-PT. Jurusan Biologi UI memiliki visi untuk menghasilkan sarjana biologi yang mampu merancang solusi atas berbagai masalah secara profesional.

Jurusan Biologi UI memiliki keunggulan dalam bidang biologi molekuler, biologi sel, biologi perkembangan, biologi kanker, dan biologi konservasi.

Jurusan yang satu ini juga telah terakreditasi “Unggul” secara nasional oleh BAN-PT dan masuk dalam peringkat 351-400 dunia untuk subjek biological sciences versi QS WUR 2023.

3. Universitas Gadjah Mada (UGM)


Jurusan Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) juga menjadi salah satu jurusan terbaik di Indonesia. Jurusan ini memiliki akreditasi Unggul BAN-PT dan masuk dalam daftar QS WUR untuk subjek biologi.

Baca juga: ITS Ciptakan Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiyah Berbasis AI

Fakultas Biologi UGM termasuk fakultas tertua di kampus tersebut. Fakultas Biologi UGM diketahui didirikan pada 19 September 1955 berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan RI No. 53759/Kb, tertanggal 15 September 1955.

4. Universitas Negeri Malang (UM)


Jurusan Biologi di Universitas Negeri Malang (UM) juga termasuk salah satu jurusan Biologi terbaik di Indonesia. Jurusan ini sudah memiliki akreditasi Unggul dari BAN-PT.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2635 seconds (0.1#10.140)