Apakah KIP Kuliah Bisa untuk Jalur Mandiri? Simak Informasinya

Sabtu, 15 Juli 2023 - 10:37 WIB
loading...
Apakah KIP Kuliah Bisa untuk Jalur Mandiri? Simak Informasinya
Menurut peraturan, KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta. Foto/dok Sindonews
A A A
JAKARTA - Apakah KIP Kuliah bisa untuk mendaftar di jalur mandiri? Pertanyaan itu bisa saja terlontar dari calon mahasiswa. Ya, Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan program pemerintah yang ditunjukkan untuk membantu siswa dari keluarga kurang mampu untuk mendapatkan akses pendidikan tinggi yang berkualitas.

Apakah KIP Kuliah Bisa untuk Jalur Mandiri?

KIP Kuliah Bisa untuk Jalur Mandiri

Nantinya, KIP perkuliahan dapat digunakan untuk membayar biaya masuk dan UKT per semester. Menurut peraturan, KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNBP, SNBT dan Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Jadi pertanyaan apakah KIP Kuliah bisa digunakan untuk Jalur Mandiri? Jawabannya sudah jelas bisa untuk Jalur Mandiri. Oleh karena itu, bagi mereka yang memiliki prestasi akademik tetapi tidak mampu, masih dimungkinkan untuk mendaftar jalur mandiri.



Namun, tidak semua kampus membuka jalur ini dan jika ada pun, tidak semua prodi dibuka. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa kampus yang membuka Jalur Mandiri dengan KIP-Kuliah.

Kampus yang Membuka Jalur Mandiri dengan KIP-Kuliah

1. Universitas Airlangga (Unair)

Universitas Airlangga (Unair) membuka kesempatan bagi peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk mendaftar melalui proses seleksi jalur Mandiri. Pada tahun 2022, Penerima Penerima KIP-K dapat mendaftar di 17 program studi (PRODI) dari 44 program studi di Unair.

Prodi tersebut adalah Prodi Biologi, Ekonomi Islam, Fisika, Ilmu Informasi dan Perpustakaan, Ilmu Politik, Ilmu Sejarah, Akuakultur, Akuakultur (SIKIA Banyuwangi), Antropologi, Bahasa dan Sastra Indonesia, Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan, Teknologi Hasil Perikanan, Kedokteran Hewan (SIKIA Banyuwangi), Kesehatan Masyarakat (SIKIA Banyuwangi), Kimia, Matematika serta Rekayasa Nanoteknologi.

2. Universitas Diponegoro (Undip)

Di Universitas Diponegoro Jalur KIP akan mendapatkan ketetapan UKT pada Golongan 1-3 tanpa Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Untuk peserta KIPJjalur Mandiri kuliah tahun 2022 yang mendaftar ke Undip tetap membayar biaya. Adapun biaya pendaftaran dibedakan menjadi 2, yaitu:

1. Kelompok Saintek/Soshum sebesar Rp350.000

2. Kelompok campuran sebesar Rp500.000.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)