IKA Undip Gelar Fun Walk Festival, Abdul Kadir Karding: Agar Lebih Akrab dan Sehat

Minggu, 16 Juli 2023 - 12:09 WIB
loading...
IKA Undip Gelar Fun Walk Festival, Abdul Kadir Karding: Agar Lebih Akrab dan Sehat
Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) menyelenggarakan Fun Walk Festival di halaman parkir Kemendikbudristek, Jakarta, Minggu (16/7/2023). Fun Walk Festival ini mengusung tema Undipkan Jakarta, Sehatkan Indonesia. Foto/Binti Mufarida
A A A
JAKARTA - Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) menyelenggarakan Fun Walk Festival di halaman parkir Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, Minggu (16/7/2023). Fun Walk Festival ini mengusung tema “Undipkan Jakarta, Sehatkan Indonesia”.

Sebanyak 2.600 peserta berasal dari alumni Undip dan keluarga serta peserta umum ikut memeriahkan acara ini. Selain fun walk, juga diselenggarakan expo atau bazar produk-produk dari alumni Undip .

"Jadi hari ini, kita alumni Undip adakan fun walk sekaligus expo beberapa produk alumni punya. Dan tujuannya agar alumni ini lebih akrab, healing, lebih sehat, dan terbangun networking sama kolaborasi antarmereka dan saling bantu ya,” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Alumni Universitas Diponegoro (DPP IKA Undip ) Abdul Kadir Karding kepada MNC Portal di sela-sela acara.



Karding pun menyampaikan pesan yang ingin disampaikan melalui acara Fun Walk Festival ini. Dia mengatakan dengan tema yang diusung yakni 'Undipkan Jakarta, Sehatkan Indonesia' mempunyai makna yakni pertama untuk membangun kesehatan fisik terutama bagi alumni dan peserta yang hadir.

“Kita mengusung tema Undipkan Jakarta Sehatkan Indonesia, dalam konteks dua olahraga healing kan sehat,” kata Karding yang juga merupakan Anggota Komisi VII DPR RI itu.

Pesan kedua, kata Karding, Fun Walk Festival ini menjadi ajang promosi untuk mengampanyekan transportasi ramah lingkungan seperti tersirat dari hadiah atau doorprize yang disediakan.

Menurut Karding, penggunaan kendaraan listrik akan menekan konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) dan menghemat pengeluaran negara untuk impor minyak yang rata-rata Rp200-an triliun per tahun. Sehingga, upaya ini juga akan menekan gas emisi.

“Kedua kita ingin hadiah ini dari listrik, ada motor listrik, sepeda listrik, jadi maknanya kami Undip, sedang berkampanye untuk masyarakat mulai menggunakan, beralih menggunakan energi bersih yang emisinya rendah, sekaligus (transportasi) listrik ini bisa kita kampanyekan impor BBM kita akan menurun. Jadi, impor kita rata-rata 200-an triliun per tahun, itu bisa kita kurangi,” jelasnya.

Karding mengatakan acara ini akan menjadi agenda tahunan. Bahkan, selain di Jakarta juga direncanakan akan diadakan di sejumlah kota.

"Kita dapat sehatnya, udara bersihnya, generasi kita terbangun. Nah ini Undip ingin membudayakan. Saya kita tahun depan, melihat animonya besar, ini akan menjadi agenda rutin. Pastinya kalau Undip di Semarang, kemudian kota-kota lain juga akan diadakan."
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2978 seconds (0.1#10.140)