UT Perkuat Pengelolaan Kualitas Pendidikan Jarak Jauh Tingkat Dunia

Selasa, 18 Juli 2023 - 09:55 WIB
loading...
UT Perkuat Pengelolaan Kualitas Pendidikan Jarak Jauh Tingkat Dunia
Jajaran pimpinan Universitas Terbuka (UT) saat konferensi pers dengan quality reviewers dari The International Councul for Open and Distance Education (ICDE). Foto/UT.
A A A
TANGERANG SELATAN - Universitas Terbuka memperkuat standar penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) skala internasional sejak 2005. Hal ini untuk memastikan dan kewibawaan akademik kampus .

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, upaya perbaikan dan peningkatan kualitas layanan pendidikan untuk menjadi lembaga penyelenggara Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang berkualitas dilakukan secara berkala dan berkelanjutan.

Salah satu upaya untuk meningkatkan dan menjamin kualitas layanan pendidikan adalah dengan mengundang quality reviewers dari The International Councul for Open and Distance Education (ICDE).

"Tahun ini merupakan kali kelima dilaksanakannya review kualitas oleh ICDE setelah sebelumnya dilakukan pada 2005, 2010, 2016, dan 2019," katanya, dalam keterangan tertulis, Selasa (18/7/2023).

Baca juga: Hari Ini Pengumuman Seleksi SMM PTN-BARAT 2023 Mulai Pukul 16.00 WIB, Ini Linknya

Reviewer dari ICDE pada tahun ini adalah Chair of The ICDE OER Advocacy Committee and ICDE OER Ambassador for Global Advocacy, Swedia Prof Ebba Ossiannilson.

Kemudian Prof Morten Flate Paulsen dari The Norwegian of Science and Technology dan Former ICDE Secretary General dan Prof Kam Cheong Li Dean of School of Open Learning at Hong Kong Metropolitan University.

ICDE menekankan pentingnya penjaminan kualitas pendidikan tinggi dalam sistem PTTJJ. review kualitas pada ICE merupakan layanan yang dirancang untuk meningkatkan dan mendukung kualitas lembaga pendidikan terbuka jarak jauh.

Prof Ojat menerangkan, setelah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), UT memiliki beberapa tantangan besar sebagai perguruan tinggi negeri jarak jauh di Indonesia.

Baca juga: 5 Kampus dengan Jurusan Metalurgi Favorit di Indonesia, Ada yang Punya Akreditasi Internasional

Hal ini, lanjut Prof Ojat, untuk selalu meningkatkan kualitas (quality improvement) dan penguatan mahasiswa (student engagement) dalam proses pembelajaran.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1560 seconds (0.1#10.140)