Pentingnya Kemampuan Kepemimpinan dan Kreativitas untuk Ciptakan Generasi Muda Unggul

Selasa, 18 Juli 2023 - 13:47 WIB
loading...
Pentingnya Kemampuan Kepemimpinan dan Kreativitas untuk Ciptakan Generasi Muda Unggul
Rangkaian kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di Sekolah Kristen IPEKA Center Point of Indonesia (CPI) Makassar. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin dan Selasa, 17-18 Juli 2023. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Kemampuan akademik dan pendidikan karakter unggul penting perlu disiapkan ke generasi muda sejak dini. Hal ini bisa disisipkan melalui kurikulum di sekolah.

Menurut Direktur Sekolah Internasional IPEKA Susanti, pihaknya membekali murid-muridnya dengan kemampuan Kepemimpinan, Kreatifitas, Inovasi, Komunikasi, Kolaborasi, Berpikir Kritis, dan Problem Solving.

Selain itu, Sekolah Kristen IPEKA Center Point of Indonesia (CPI) juga menggunakan kurikulum yang diperkaya dengan standar pembelajaran internasional, yaitu Pearson Edexcel Curriculum.

"Kurikulum ini menampilkan lima pilar keunggulan yang disebut ILEAD, dan terdiri dari: Internal Growth (pertumbuhan internal), Leadership (kepemimpinan), Entrepreneurship (kewirausahaan), Language Acquisition (penguasaan bahasa), dan Digital Literacy (literasi digital)," ujarnya, melalui siaran pers, Selasa (18/7/2023).

Baca juga: 10 Provinsi dengan Rata-Rata Biaya Pendidikan SD Termahal di Indonesia, Ada Daerahmu?

Susanti mengatakan, pihaknya mempersiapkan generasi muda dengan kemampuan akademik serta karakter unggul. Hal ini juga dilakukan melalui Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) mulai 17 Juli-18 Juli 2023.

Tujuan dari MPLS yang dilakukan oleh IPEKA CPI, selain untuk menyambut peserta didik, namun juga menjadi ajang saling mengenal antara sesama murid dan guru, serta pengenalan mengenai aktivitas pembelajaran, lingkungan, hingga sarana dan prasarana sekolah.

Rangkaian dari MPLS yang dilakukan oleh IPEKA CPI meliputi perkenalan dengan Kepala Sekolah dan guru-guru, pengenalan akan aturan, prosedur sekolah, kurikulum dan penilaian, penggunaan chromebook, hingga tour melihat fasilitas yang ada di sekolah.

Di samping itu, sekolah ini juga memberikan penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris dan Mandarin kepada murid agar lebih dari siap untuk berkomunikasi dengan baik di lingkungan global.

Baca juga: 10 SMK di Jakarta Terpilih Ikuti Program Pencetak Pengusaha Muda, Ini Daftarnya

Diketahui, Sekolah Kristen IPEKA CPI di Kota Makassar memulai pembelajaran perdana Tahun Ajaran 2023/2024 pada Senin (17/7/2023) dengan kurikulum internasional di jenjang Nursery dan Kindergarten (Early Childhood), Junior High School (Grade 7), serta Senior High School (Grade 10).

Ke depannya, Sekolah Kristen IPEKA CPI juga akan melayani murid jenjang Sekolah Dasar (SD) dari kelas 1-4. Sehingga untuk tahun pelajaran 2024/2025, IPEKA CPI akan melayani jenjang TK, SD, SMP, dan SMA yang pendaftarannya sudah mulai dibuka tahun ini.

Sekolah ini berkomitmen memberikan memberikan pendidikan Kristen yang berkualitas guna mempersiapkan pemimpin Kristen masa depan. Sebagai sekolah Kristen berstandar internasional yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, juga membekali dan mempersiapkan para guru selama satu tahun dengan pelatihan yang dapat melengkapi kemampuan mereka.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)