9 Jurusan yang Dibutuhkan Dunia Pertambangan Seperti Freeport, Ini Jawabannya

Selasa, 18 Juli 2023 - 14:36 WIB
loading...
9 Jurusan yang Dibutuhkan Dunia Pertambangan Seperti Freeport, Ini Jawabannya
Dunia pertambangan identik dengan profesi bergaji besar. Setidaknya ada beberapa jurusan kuliah yang berpotensi besar bisa bekerja di dunia pertambangan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan ini memiliki peluang besar bekerja di dunia pertambangan yang dikenal digaji besar. Merasa tertarik untuk menggeluti karier di dunia pertambangan? Ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

Hal pertama yang perlu kamu lakukan tentu saja adalah mencari tahu jurusan kuliah apa yang bisa membuat kamu terjun dan menggeluti dunia pertambangan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 10 jurusan kuliah yang berpotensi besar berkarier di dunia pertambangan.

10 Rekomendasi Jurusan yang Bisa Kerja di Dunia Pertambangan

1.Teknik Pertambangan

Teknik Pertambangan menjadi jurusan paling cocok untuk kamu apabila ingin bekerja di industri pertambangan. Di jurusan ini kamu akan diajak untuk mempelajari proses penambangan, mineral, dan batuan berharga yang tentu akan membuat kamu menjadi ahli dalam hal pertambangan kemudian.

Perguruan Tinggi terbaik yang bisa kamu pertimbangkan jika hendak memiliki jurusan ini adalah Institute Teknik Bandung (ITB) dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

2.Teknik Geologi

Kuliah di Teknik Geologi mahasiswa akan diajak mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, hingga proses pembentukan Bumi.Perluasan ilmu yang ada di jurusan ini tidak hanya akan berfokus pada sumber daya saja, namun pada konstruksi bangunan dan bencana. Sehingga prospek kerja dari lulusan jurusan ini pun terbuka sangat lebar.



Beberapa universitas yang menyediakan jurusan satu ini antara lain Universitas Padjajaran, Universitas Sriwijaya, Universitas Indonesia, dan Universitas Haluoleo, merupakan universitas yang menyediakan jurusan ini.

3. Teknik Geofisika

Di jurusan Teknik Geofisika kamu akan diajak mempelajari tentang ilmu kebumian dengan kaidah fisika. Nantinya kamu juga akan menelaah dan menyelesaikan permasalahan tentang pendayagunaan sumber daya alam, sumber daya energi, dan sumber daya lingkungan.

Kampus yang memiliki jurusan satu ini adalah Universitas Gajah Mada, Universitas Padjadjaran, Institut Teknologi Bandung dan Institut Teknologi Sepuluh November.

4.Teknik Perminyakan

Di jurusan Teknik Perminyakan mahasiswanya akan mempelajari tentang pengelolaan sumber daya alam yang berkaitan dengan gas dan minyak bumi.Jurusan ini sesungguhnya adalah ilmu lanjutan dari Jurusan Teknik Pertambangan. Di jurusan ini kamu juga akan belajar tentang pengeboran, distribusi dan ekonomi migas.

5.Manajemen Bisnis

Manajemen Bisnis merupakan jurusan paling dibutuhkan di dunia pertambangan.Sebab dalam industri pertambangan diperlukan juga para pekerja yang mengerti cara mengatur serta mengelola sumber daya yang nantinya akan didistribusikan atau di ekspor.

Karena itulah jurusan Manajemen Bisnis ini sangat diperlukan di dunia pertambangan.Beberapa kampus yang memiliki jurusan ini antara lain Universitas Gadjah Mada, Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran dan lain-lain.

6.Hukum

Para lulusan dari jurusan ini akan sangat dibutuhkan di bidang humas ataupun pengacara yang khusus menangani persoalan di industri pertambangan.Sebab, ilmu yang secara khusus mempelajari perundang-undangan ini tentu sangat diperlukan dalam rencana industri supaya tidak menyeleweng dari hukum dan ketentuan yang berlaku. Kampus yang menyediakan jurusan ilmu hukum antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Universitas Diponegoro dan masih banyak lagi.


7. Teknik Industri

Jurusan berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan jika ingin bekerja di pertambangan adalah Teknik Industri. Setiap perusahaan pastinya memiliki gudang (warehouse) sendiri tanpa terkecuali. Termasuk dunia pertambangan yg selalu berurusan dengan berbagai part mahal.

8. Teknik Sipil

Jurusan yang bisa kerja di dunia pertambangan berikutnya adalah Teknik Sipil di mana para mahasiswanya akan diajak untuk mempelajari cara merancang, membangun, dan merenovasi infrastruktur. Sebab dalam pertambangan banyak diperlukan berbagai infrastruktur yang dapat membantu berjalannya proses pertambangan.

9.Teknik Lingkungan

Jurusan yang dapat membuat kamu bekerja di pertambangan adalah Teknik Lingkungan. Di jurusan ini kamu akan diajak mempelajari penanganan limbah dari proses penambangan atau limbah dari proses perbaikan dan pemeliharaan unit.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1178 seconds (0.1#10.140)