Unair-Unisma Lakukan Penguatan Program Karakter Unggul Berbasis Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah

Selasa, 18 Juli 2023 - 18:25 WIB
loading...
Unair-Unisma Lakukan Penguatan Program Karakter Unggul Berbasis Nilai Ahlussunnah Wal Jama’ah
FAI-Unisma dan FIB-Unair berkolaborasi dengan INOVASI Jatim melakukan penguatan program karakter unggul berbasis nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja). Foto/Ist.
A A A
JAKARTA - Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang (FAI- Unisma ) dan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga (FIB-Unair) berkolaborasi dengan INOVASI Jawa Timur (Jatim) melakukan penguatan program karakter unggul berbasis nilai Ahlussunnah Wal Jama'ah (Aswaja).

“Saya ucapkan selamat datang dalam rangka showcase kolaborasi penguatan program karakter unggul dan juga Satgas yang kita bentuk bersama dalam rangka menangani dan menghadapi atau mencegah perundungan,” ungkap Dekan FAI-Unisma, Anwar Sa’adullah dalam sambutannya di Unisma, Malang, Selasa (18/7/2023).

Kolaborasi antara Unisma, Unair, dan INOVASI ini menghasilkan adaptasi Modul Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Nilai-nilai Aswaja sekaligus menerapkannya di kalangan civitas akademika Unisma.

Baca juga: Unisma dan Unair Berkolaborasi Bentuk Satgas Anti Perundungan di Kampus

Nilai Aswaja adalah tambahan yang menjadi kekhasan Nahdlatul Ulama (NU). Modul itu juga mengintegrasikan nilai Gender, Equality, Disability, dan Social Inclusion (GEDSI).

“Kami ingin menceritakan sekaligus melaporkan sampai adanya acara ini. Jadi di tahun 2022, kami bersama dengan INOVASI Jawa Timur bersama dengan Fakultas Ilmu Budaya Unair menjalin kerja sama, kemudian juga menyampaikan berbagai macam aktivitas,” kata Anwar.

Anwar menjelaskan kolaborasi program penguatan karakter unggul ini dengan menanamkan nilai tasamuh atau toleransi berpikir kritis dan komunikasi.
Program ini merupakan pengembangan Modul Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila Berbasis Nilai-nilai Aswaja pada 2022-2023.

Baca juga: Tim Mahasiswi UMM Ciptakan Sedotan Ramah Lingkungan dari Porang

“Titik beratnya untuk implementasi di Fakultas Agama Islam, awalnya di dua Prodi yaitu Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Pendidikan Anak Islam Anak Usia Dini (PIAUD)," ujarnya.

"Ini semata-mata kita mempunyai niatan bahwa para mahasiswa saat lulus, mereka akan mendidik pada generasi-generasi yang ada di sekolah-sekolah,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1487 seconds (0.1#10.140)