20 Contoh Teks Negosiasi Lengkap dengan Struktur, Begini Ulasannya

Rabu, 19 Juli 2023 - 06:21 WIB
loading...
20 Contoh Teks Negosiasi Lengkap dengan Struktur, Begini Ulasannya
Teks negosiasi adalah tulisan yang mencakup interaksi sosial dan bertujuan untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama antara pihak-pihak yang terlibat dalam konflik atau memiliki perbedaan kepentingan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 20 contoh teks negosiasi lengkap dengan strukturnya. Bagi Anda yang mempelajari tata Bahasa Indonesia terkadang menemukan apa yang dinamakan teks negosiasi. Apa artinya?Untuk menjawab hal itu mari simak penjelasan berikut ini.

Teks Negosiasi

Teks negosiasi adalah tulisan yang mencakup interaksi sosial dan bertujuan untuk mencari kesepakatan atau penyelesaian bersama antara pihak-pihak yang terlibat dalam konflik atau memiliki perbedaan kepentingan.

Tujuan dari negosiasi adalah untuk menangani atau menyelaraskan perbedaan agar bisa memperoleh kesepakatan dari pihak lain (yang tidak dapat dipaksakan). Negosiasi dilakukan dengan maksud mencapai kesepakatan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak dalam rangka melakukan transaksi atau menyelesaikan perbedaan pendapat.

Struktur Teks Negosiasi

Orientasi, pada awal percakapan sebuah negosiasi, biasanya dimulai dengan pemberian salam atau sapa.Pengajuan, pada bagian ini, pihak yang terlibat dalam negosiasi akan menyampaikan atau menggambarkan masalah atau permasalahan yang sedang dihadapi dan perlu diselesaikan.

Penawaran, pada tahap ini, pihak-pihak yang terlibat aktif berusaha mencari jalan tengah dan mencapai kesepakatan yang memperhitungkan kepentingan dan kebutuhan masing-masing pihak.

Persetujuan, pada tahap ini, setelah melakukan tawar-menawar dan membahas berbagai isu yang relevan, pihak-pihak yang terlibat mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Contoh Teks Negosiasi

1. Contoh Teks Negosiasi 1

Penawaran Penjualan Produk:

Orientasi: Perkenalkan diri dan perusahaan Anda.

Pengajuan: Kami ingin menawarkan produk inovatif kami, yaitu smartphone terbaru dengan spesifikasi tinggi.

Penawaran: Harga normalnya adalah Rp5.500.000, tetapi untuk Anda, kami bisa memberikan diskon 10% jika Anda memesan lebih dari 100 unit. Persetujuan: Bagaimana menurut Anda? Apakah Anda tertarik dengan penawaran ini?

2. Contoh Teks Negosiasi 2

Kemitraan Bisnis Baru:

Orientasi: Mari kenalkan diri dan tujuan perusahaan kami.

Pengajuan: Kami tertarik untuk menjalin kemitraan dengan perusahaan Anda untuk memperluas jangkauan pasar kami.

Penawaran: Kami bisa menawarkan produk kami dengan merek bersama dan berbagi biaya pemasaran.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2222 seconds (0.1#10.140)