4 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis, Jalan Jadi Pengusaha Sukses?

Rabu, 19 Juli 2023 - 07:11 WIB
loading...
4 Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis, Jalan Jadi Pengusaha Sukses?
Prospek kerja jurusan Manajemen Bisnis cukup luas di dunia kerja. Salah satu yang berpeluang besar adalah menjadi pengusaha sukses. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Jurusan Manajemen Bisnis jadi salah satu program studi yang cukup diminati calon mahasiswa. Namun kebanyakan dari mereka belum tahu persis terkait prospek kerja nantinya akan jadi apa.

Sehingga penting untuk mengetahui prospek kerja jurusan Manajemen Bisnis supaya dapat menyusun rencana kedapan sekaligus mengaitkannya dengan minat individu.

Jurusan Manajemen Bisnis fokus untuk mempelajari berbagai perencanaan supaya dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sehingga mahasiswanya akan banyak belajar tentang analisa data, cara eksekusi rencana hingga evaluasi pekerjaan.

Sebenarnya bekal inilah yang membuat prospek kerja Manajemen Bisnis cukup luas di dunia kerja. Karena setiap perusahaan pastinya membutuhkan sosok yang mampu menuntun bisnisnya ke arah yang lebih baik.

Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis

Berikut ini sejumlah prospek kerja jurusan Manajemen Bisnis. Mulai dari menjadi marketing executive hingga manajer.

1. Marketing Executive

Profesi Marketing Executive biasa menjadi induk dari berbagai kegiatan marketing yang dijalankan perusahaan. Seorang yang duduk di posisi ini harus mampu memaksimalkan keuntungan dari strategi pemasaran yang dijalankan. Strategi atau perencanaan yang dibuat oleh marketing executive nantinya akan dijalankan oleh bagian marketing lainnya, seperti digital marketing, hingga social media marketing.

2. Manager

Jurusan Manajemen Bisnis nantinya juga dapat mengisi posisi manajer, baik itu Risk Manager atau Project Manager. Risk Manager nantinya akan bertugas untuk menghindari atau meminimalisir segala risiko baik itu keuangan atau keamanan pekerja di sebuah perusahaan.Sementara Project Manager akan bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian, dan penyelesaian proyek.

3. Entrepreneur

Bermodalkan pengetahuan tentang manajemen dan bisnis akan memudahkan seseorang untuk membuka usaha sendiri. Bahkan bisa dibilang bahwa jurusan tersebut memang diperuntukan bagi seorang entrepreneur. Meskipun siapapun bisa membuka usaha sendiri, namun dengan ilmu yang mumpuni pastinya lulusan manajemen bisnis akan lebih terampil dalam mengelola usahanya.

4. Business Development

Business development menjadi salah satu prospek kerja manajemen bisnis yang paling banyak diburu, baik oleh pencari kerja maupun perusahaan. Seseorang yang bekerja sebagai business development akan bertanggung jawab untuk menciptakan strategi agar pelanggan, pasar, dan relasi bisnis bisa menciptakan peluang bagi perusahaan untuk berkembang.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2087 seconds (0.1#10.140)