15 Jurusan Sepi Peminat Tapi ke Depan Sangat Dibutuhkan, Ini Infonya

Rabu, 19 Juli 2023 - 09:16 WIB
loading...
15 Jurusan Sepi Peminat Tapi ke Depan Sangat Dibutuhkan, Ini Infonya
Jurusan Kearsipan peminatnya saat ini masih tergolong sedikit. Meski jarang peminatnya, tapi kalau ada pembukaan CPNS lulusan jurusan ini selalu dibutuhkan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan di universitas ini tercatat sepi peminat tetapi justru masa depannya diprediksi sangat menjanjikan. Konon katanya tidak semua jurusan perkuliahan bisa menjamin masa depan kita. Karena itulah kita juga bisa masuk di jurusan kuliah yang jarang diminati tapi menjanjikan di masa depan.

Penasaran mana saja jurusan kuliah yang jarang diminati tapi diperkirakan sangat dibutuhkan di masa depan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 15 jurusan yang sepi peminat tapi masa depan menjanjikan.

15 Jurusan Kuliah Sepi Pendaftar tapi Masa Depan Menjanjikan

1.Seni Peran

Lulus dari jurusan ini bukan berarti kamu hanya bisa jadi artis. Kamu juga bisa belajar hal apapun yang berkaitan dengan seni peran, seperti riasan wajah, penulis naskah, men-direct para pemain.

Sayangnya, mungkin bagi sebagian orang jurusan ini kurang diminati karena larangan orang tua atau anggapan banyak orang “mau jadi apa setelah lulus ?” Namun jangan takut dengan anggapan seperti itu. Setelah lulus dari jurusan seni peran banyak sekali karier di dunia hiburan yang cukup menjanjikan seperti menjadi pemain teater,pemain film, pemain sinetron, penulis drama atau naskah dan lainnya.

2.Fisioterapi

Fisioterapi merupakan profesi di bidang kesehatan. Menempuh pendidikan resmi selama 3 tahun untuk Diploma Fisioterapi dan 4 tahun (atau lebih) untuk gelar sarjana sains terapan Fisioterapi.

Seseorang yang lulus dari akademi/fakultas fisioterapi akan menyandang gelar profesi Fisioterapis dan mempunyai kewenangan untuk melakukan aktifitas atau pekerjaan di bidang Fisioterapi. Peluang kerja dalam bidang ini juga cukup besar dan kamu juga bisa buka praktik sendiri atau pun bekerja di rumah sakit dan klinik di kotamu.

3.Pengelasan

Salah satu jurusan yang berada di bidang permesinan adalah teknik las, dimana jurusan ini mempelajari satu bidang kerja saja yaitu bagaimana cara untuk mengelas yang baik, dan teori tentang apa – apa saja bahan untuk proses pengelasan.

Diperkirakan jurusan ini memiliki prospek lumayan menjanjikan karena tidak sedikit industri yang mensiagakan para pekerja di bidang engginering untuk menjaga kecakapan mesin– mesin di perusahaan, salah satu yang dibutuhkan adalah teknik las.

4.Jurusan Astronomi

Ilmu Astromoni merupakan Ilmu eksak tertua yang banyak mendapatkan perhatian manusia sepanjang zaman. Jika kalian kuliah di jurusan ini, kalian akan mempelajari benda-benda langit seperti bumi, bulan, matahari, bintang dan seluruh alam semesta.
Walaupun jurusan ini tergolong sepi peminat, tapi justru sangat menjanjikan kedepannya, karena peminatnya sedikit namun lowongan yang dibutuhkan pasti selalu ada.



Setelah lulus, kalian bakal disuguhkan dengan berbagai prospek kerja yang bagus. Kamu bisa bekerja di lembaga-lembaga penelitian sebagai staf ahli seperti di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasiona l(LAPAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Observatorium Boscha,Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan lembaga penelitian lainnya.

5.Jurusan Kearsipan

Jurusan yang peminatnya masih tergolong sedikit ini mempelajari ilmu kearsipan dokumen di kantor-kantor dan di daerah. Meski jarang peminatnya, tapi kalau ada pembukaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) lulusan jurusan ini selalu dibutuhkan dan pasti pendaftarnya masih jarang, jadi kemungkinan besar dong diterimanya dibanding formasi lain.

6.Sastra Bahasa Nusantara

Entah mengapa, jurusan Sastra Bahasa Nusantara jarang diminati oleh calon mahasiswa baru. Mereka lebih banyak memilih jurusan bahasa asing. Padahal, lulusan jurusan ini bisa bekerja di institusi pendidikan, pusat pengembangan dan penelitian, dan media massa.

7.Filsafat

Banyak yang berpikir jika ilmu ini cenderung membosankan, tapi hasil yang kalian dapatkan tidak akan membuat kalian mnyesesal setelah masuk ke jurusan ini. Filsafat pada dasarnya adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.

Lulusan filsafat dididik untuk melihat suatu permasalahan dari berbagai sudut pandang. Ini sangat penting untuk memecahkan dan pencerah pikiran pada lapangan kerja. Kedua, lulusan filsafat dapat dikatakan manusia yang dituntut untuk "bodoh" sekaligus "sempurna".

Maksudnya bodoh karena mereka harus terus bertanya dan mengamati dengan hening segala keadaan. Sempurna karena hasil kontemplasi mereka atas keadaan di atas dapat menjadi rekomendasi bagi kebaikan suatu instansi.

8.Teknik Perkapalan

Memang sih Teknik Perkapalan masih belum terlalu dikenal. Tapi tak populer bukan berarti tak menjanjikan lho. Coba kita lihat prospek kerjanya. Pasti kalian tahun kan Pertamina? Tahu Petronas? Pokoknya perusahaan-perusahaan minyak bumi akan sangat butuh jasa lulusan Teknik Perkapalan untuk membangun oil rig di lepas pantai.

Selain itu lulusan Teknik Perkapalan bisa juga kerja di galangan kapal dan sebagai tukang desain kapal di PT PAL. Karena peminatnya belum banyak maka otomatis peluang kerja lebih besar karena minim pesaing. Selama masih ada perusahaan minyak, maka ngak akan mungkin deh kalian nganggur.

9.Perpipaan

Mungkin kamu jarang dengar tentang jurusan yang satu ini. Jurusan ini mempelajari bidang rekayasa perpipaan serta aplikasinya di bidang maritim dan industri. Kalau kamu perhatikan, hampir seluruh industri (pabrik-pabrik) pasti ada pipanya, maka dari itu jurusan ini cukup penting,mulai dari pengeboran sampai pabrik.

10.Manajemen Transportasi

Selama manusia sering berpindah-pindah, selama masih ada mobil, kapal dan pesawat maka lulusan manajemen transportasi masih dibutuhin. Karena di jurusan manajemen transportasi kalian bakal belajar manajemen lalu lintas kendaraan baik itu darat, laut ataupun udara serta barang-barang niaga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2822 seconds (0.1#10.140)