Ini Jurusan Kuliah IPS Jarang Diminati Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan Bagi Lulusannya

Jum'at, 21 Juli 2023 - 12:12 WIB
loading...
Ini Jurusan Kuliah IPS Jarang Diminati Tapi Punya Prospek Kerja Menjanjikan Bagi Lulusannya
10 jurusan kuliah IPS jarang diminati tapi punya prospek kerja menjanjikan bagi lulusannya. Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Bagi anak sekolah yang menyukai pelajaran IPS sebagian besar ingin melanjutkan kuliah ke jurusan kuliah IPS. Namun jurusan IPS atau di kampus dikenal dengan jurusan soshum (sosial humaniora) banyak yang favorit sehingga menjadi buruan calon mahasiswa baru.

Misalnya saja di Universitas Padjadjaran (Unpad) pada Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 kemarin, jurusan soshum yang banyak diminati adalah Ilmu Hukum, Ilmu Komunikasi, dan Manajemen.

Sementara di Universitas Gadjah Mada (UGM), jurusan paling diminati peserta SNBT di UGM adalah Psikologi, Hukum, Manajemen, Akuntansi, dan juga Ilmu Komunikasi.

Jurusan kuliah yang jarang diminati umumnya disebabkan karena prospek kerjanya yang kurang jelas atau nama program studi yang masih asing.

Meskipun memiliki nama yang kurang tenar, beberapa jurusan kuliah ini justru menghadirkan prospek yang bagus bagi para lulusannya.

Baca juga: Pengumuman Seleksi Mandiri Unnes Diumumkan Hari Ini, Cek Biaya Kuliahnya

Berikut ini 10 jurusan kuliah IPS yang jarang diminati namun punya prospek bagus.

10 Jurusan Kuliah IPS Jarang Peminat dengan Peluang Kerja Menjanjikan

1. Sastra Jawa


Mari kita mengenal jurusan Sastra Jawa. Jurusan ini banyak mengkaji tentang karya sastra dalam bahasa Jawa sebagai fenomena sosial dan budaya. Prospek untuk lulusannya dapat menjadi sastrawan, pengamat budaya, dosen, dan seniman.

Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Semarang (Unnes), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Sebelas Maret (UNS) jadi beberapa perguruan tinggi yang menyediakan prodi Sastra Jawa.

2. Sejarah


Sejarah dikenal sebagai ilmu yang mempelajari masa lalu dari berbagai konteks, seperti geografi, budaya, ekonomi, politik, seni, agama, hingga militer. Lulusannya nanti tidak hanya menjadi sejarawan, namun juga peneliti, penulis, hingga dosen.

Alumni sejarah juga bisa bekerja sebagai jurnalis atau arkeolog. Universitas yang menyediakan jurusan ini di antaranya, Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Airlangga (Unair), UI, Universitas Hasanuddin (Unhas), hingga UNS.

3. Arkeologi


Arkeologi jadi jurusan yang jarang diminati lantaran masih banyak orang yang belum tahu akan prospeknya. Padahal lulusan ini dapat bekerja di instansi pemerintah macam Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Pusat Perawatan Arsip, atau menjadi pegawai museum.

Beberapa perguruan tinggi yang telah mempunyai prodi ini adalah Unhas, UGM, UI hingga Universitas Jambi.

Baca juga: 5 Kampus yang Menyediakan Prodi Teknik Perkeretaapian di PTN, Kedinasan, hingga PTS

4. Ilmu Perpustakaan


Jurusan ini mempelajari cara mengumpulkan, menganalisis, mengolah, mengelola, dan mengkomunikasikan informasi dari berbagai media, seperti dokumen, buku, ataupun digital.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0850 seconds (0.1#10.140)