5 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Tinggi, Berapa Kisaran Gajinya?

Minggu, 23 Juli 2023 - 09:37 WIB
loading...
5 Jurusan Teknik dengan Prospek Kerja Tinggi, Berapa Kisaran Gajinya?
Berikut ini 5 jurusan teknik dengan prospek kerja tinggi serta kisaran gajinya sebagai informasi untuk calon mahasiswa. Foto/eduspiral.com
A A A
JAKARTA - Jurusan teknik dikenal sebagai jurusan kuliah yang mudah mendapatkan pekerjaan bagi lulusannya. Lulusannya bisa meniti karier dengan prospek gaji yang tinggi.

Jurusan teknik sudah banyak dibuka di perguruan tinggi Indonesia baik perguruan tinggi negeri dan swasta. Hal ini karena makin banyaknya jumlah calon mahasiswa yang berminat masuk ke jurusan ini.

Populernya jurusan teknik karena jurusan ini dikenal di masyarakat mudah mendapatkan pekerjaan di berbagai bidang dengan jenjang karier dan gaji tinggi di berbagai perusahaan-perusahaan besar.

Dikutip dari laman Akupintar, berikut ini 5 jurusan teknik dengan peluang kerja tinggi.

5 Jurusan Teknik dengan Peluang Kerja Tinggi

1. Teknik Sipil


Dengan infrastruktur di Indonesia yang semakin bertumbuh dan berkembang maka jurusan Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan teknik yang banyak peluang kerja.

Perkuliahan Teknik Sipil itu fokus pada prinsip, teori dan aplikasi perencanaan, desain, konstruksi, dan pemeliharaan infrastruktur sipil seperti jalan, jembatan, gedung, sistem transportasi, dan lain sebagainya.

Baca juga: 6 Kampus FISIP Terbaik di Indonesia Beserta Biaya Kuliahnya, Simak Informasinya

Permintaan insinyur sipil akan terus meningkat seiring dengan adanya kebutuhan akan pembangunan infrastruktur yang lebih baik. Maka tak heran jika Teknik Sipil itu dikenal sebagai jurusan teknik yang mudah mendapatkan pekerjaan.

Diperkirakan gaji alumni Teknik Sipil tak jauh berbeda dari alumni teknik yang lain. Selain pengalaman kerja dan tanggung jawab, jangan lupa bahwa lokasi kerja juga turut memengaruhi besaran gaji yang diperoleh.

Biasanya, gaji di daerah dengan biaya hidup yang lebih tinggi seperti Jakarta, Surabaya, atau Bandung cenderung lebih tinggi daripada daerah-daerah lain dengan biaya hidup yang lebih rendah.

2. Teknik Kimia


Berikutnya ada jurusan Teknik Kimia yang juga bisa menjadi rekomendasi untuk lanjut kuliah karena banyak dicari perusahaan besar. Mahasiswa Teknik Kimia pastinya akan banyak mengikuti praktikum hingga studi kasus karena mereka akan mempunyai keterampilan praktis dalam mengaplikasikan pengetahuan teoritis ke dalam praktik industri.

Kuliah Teknik Kimia dapat membuka peluang karier di berbagai industri, termasuk industri minyak dan gas, farmasi, kimia, energi terbarukan, makanan dan minuman, serta lingkungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2571 seconds (0.1#10.140)