4 Universitas Top Milik Konglomerat Indonesia, Ada Kampus Favoritmu?

Selasa, 25 Juli 2023 - 12:30 WIB
loading...
4 Universitas Top Milik Konglomerat Indonesia, Ada Kampus Favoritmu?
Universitas Pelita Harapan (UPH) di Tangerang Banten merupakan perguruan tinggi swasta yang dimiliki James Riady, anak dari pendiri Lippo Group Mochtar Riady.Foto/wikipedia
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah konglomerat Indonesia yang terjun ke dunia pendidikan dengan mendirikan kampus top . Memiliki modal melimpah, beberapa konglomerat memilih untuk membuat bisnis di bidang edukasi, yaitu perguruan tinggi.

Bahkan, kampus yang milik para taipan tersebut dikenal sebagai universitas elite dengan fasilitas dan kualitas terbaik sehingga banyak menjadi tujuan calon mahasiswa. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut 4 universitas ternama yang dimiliki keluarga konglomerat di tanah air

4 Perguruan Tinggi Ternama yang Dimiliki Keluarga Konglomerat Indonesia

1.Universitas Bakrie (Keluarga Bakrie)

Bakrie Group atau Kelompok Usaha Bakrie adalah perusahaan konglomerat yang didirikan Achmad Bakrie pada 1942. Bakrie Group adalah salah satu grup bisnis terbesar di Indonesia dengan 10 anak usahanya yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.
Perusahaan ini bergerak di banyak bidang, seperti pertambangan, MIGAS, infrastruktur, dan media. Selain itu, grup ini juga mendirikan universitas bernama Universitas Bakrie.

Mengutip p2k.stekom.ac.id, berawal dari pengambilalihan STIE Mulia Persada oleh Yayasan Pendidikan Bakrie, akhirnya pada 2006, STIE Bakrie School of Management (BSM) pun berdiri.



Mengutip p2k.unkris.ac.id, awalnya, Binus merupakan institusi pelatihan komputer Modern Computer Course yang dibangun pada 1974. Barulah, pada 1996, Universitas Bina Nusantara didirikan secara resmi.

Selain itu, universitas ini juga telah menghasilkan banyak alumni yang berkarir di berbagai sektor penting. DI antara jajaran alumni Binus, salah satunya adalah pendiri Tokopedia William Tanuwijaya.

4.Universitas Ciputra (Keluarga Ciputra)

Mengutip p2k.unaki.ac.id, Ciputra merupakan seorang insinyur dan wiraswastawan di Indonesia yang pernah menempati peringkat ke-27 orang terkaya di Indonesia dengan total kekayaan USD950 juta (Rp14 triliun) berdasarkan Forbes.

Namanya terkenal lantaran sukses membangun usaha perumahan, antara lain Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Namun, selain perumahan, ia juga berkiprah di segi edukasi dengan membentangkan sekolah dan Universitas Ciputra.
Pada 2006, ia mendirikan sekolah dan Universitas Ciputra yang menitikberatkan pada kewirausahaan. Kini, Ciputra menjadi sosok penyebar jiwa kewirausahaan di Indonesia.

Bahkan, kiprah Ciputra diapresiasi oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan memberikan dua rekor untuk Ciputra, yaitu peraih penghargaan terbanyak di berbagai macam segi dan penyelenggaraan aktivitas mengajar kewirausahaan untuk dosen terbanyak. Ciputra juga dinobatkan sebagai Entrepreneur of The Year 2007 versi Ernst & Young.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3118 seconds (0.1#10.140)