Diikuti 61 Ribu Peserta, Ini Daftar Pemenang Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023

Selasa, 25 Juli 2023 - 18:42 WIB
loading...
Diikuti 61 Ribu Peserta, Ini Daftar Pemenang Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023
Penutupan dan awarding Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023. Foto/UNJ.
A A A
JAKARTA - Badan Pengelola Usaha Universitas Negeri Jakarta (BPU UNJ) bekerja sama dengan PesonaEdukasi melalui panitia menyelenggarakan gelar penutupan sekaligus Awarding Day Kompetisi Literasi dan Numerasi 2023. Para juara berasal dari jenjang SD hingga SMA dari seluruh Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni UNJ Dr. Abdul Sukur yang mewakili Rektor UNJ mengaku kaget karena jumlah peserta kompetisi yang digelar mulai Januari hingga Juli 2023 ini mencapai lebih dari 60 ribu.

“Semangatnya kompetisi ini untuk merangsang dan meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi di kalangan generasi muda Indonesia, kegiatan ini bukan hanya menjadi wadah untuk mengukur dan melihat potensi peserta tetapi juga menjadi ajang untuk para peserta untuk berkarya dan berinovasi untuk kemajuan bangsa,” katanya, melalui siaran pers, Selasa (25/7/2023).

Dia menambahkan, dengan memahami makna penting makna literasi, yaitu kemampuan membaca, menulis, berbicara dan mendengarkan serta numerasi yang mencakup angka, data dan statistik kita akan mampu beradaptasi dalam era digital yang terus berkembang.

“Kompetisi ini merupakan refleksi dari komitmen kita bersama untuk sektor pendidikan di Tanah Air, pendidikan adalah sektor penting untuk membuka pintu keberhasilan. Oleh karena itu marilah kita bersama menciptakan ekosistem yang kondusif,” lugasnya.

Sementara itu Prof. Sofia Hartati selaku Ketua BPU UNJ menyampaikan bahwa UNJ memiliki komitmen besar untuk bisa memberikan sumbangsih kepada pengembangan kompetensi dan juga kemampuan para peserta didik di seluruh Indonesia dalam hal literasi dan numerasi.

Baca juga: Percepat Tranformasi PAUD, Indonesia Gandeng Negara-Negara ASEAN

"UNJ tidak akan pernah berhenti untuk terus bisa berkontribusi dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan, salah satunya dengan lomba Literasi dan Numerasi ini," ungkap Prof. Sofia Hartati.

Ketua Pelaksana Teguh Trianung menambahkan pada 2023 ini merupakan tahun ke-2 pelaksanaan kegiatan ini, dengan ada 10 kategori. Kompetisi tahun ini diikuti total 61.398 peserta dari semua provinsi atau mengalami kenaikan sebesar 43,5% dari tahun 2022. Sementara jumlah sekolah yang berpartisipasi ada 5.660 sekolah mengalami kenaikan sekitar 42.5% dari tahun lalu.
Perwakilan dari Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Rostakari menyampaikan terima kasih atas peran aktif dan komitmen UNJ dalam mengembangkan kompetensi dan kemampuan peserta didik dalam hal literasi dan numerasi.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, baik Puspresnas, MGMP DKI Jakarta, BUMN, BUMD, dan para sponsor kegiatan ini. Semoga apa yang kita laksanakan dapat memberikan kontribusi dalam kompetensi global generasi muda Indonesia,” katanya, melalui siaran pers, Selasa (25/7/2023).

Dia menyampaikan, tingkat literasi di Indonesia sangat rendah oleh karena itu Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Pendidikan memberikan perhatian tersebut melalui berbagai program dan kegiatan. Termasuk merevitalisasi taman literasi dalam mengakomodasi kegiatan literasi dan menjelma sebagai ruang publik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)