Top 10 Universitas Berdasarkan UNS Jawametrik 2023, Ada Kampus Luar Negeri?

Rabu, 26 Juli 2023 - 06:38 WIB
loading...
Top 10 Universitas Berdasarkan UNS Jawametrik 2023, Ada Kampus Luar Negeri?
PUI Javanologi UNS kembali mengumumkan daftar universitas terbaik UNS Jawametrik 2023. Foto/UNS.
A A A
JAKARTA - Pusat Unggulan Ipteks (PUI) Javanologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta kembali mengumumkan daftar universitas terbaik UNS Jawametrik 2023. Berikut ini daftar 10 kampus terbaiknya.

Plt. Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UNS, Prof. Dr. Kuncoro Diharjo mengatakan, pemeringkatan yang disusun PUI Javanologi UNS merupakan sistem yang mampu menghubungkan satu institusi dengan institusi lain guna pengembangan budaya Jawa.

“Adanya Jawametrik sesuai dengan cita-cita luhur UNS yaitu menjadi pusat ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang unggul secara internasional yang tetap menjunjung nilai-nilai luhur budaya bangsa," katanya, dikutip dari laman UNS, Rabu (26/7/2023).

Dia menambahkan, UNS Jawametrik bukan hanya sekadar pemberian pemeringkatan. Lebih dari itu juga memberikan informasi terkait pengembangan budaya Jawa.

Baca juga: 6 Jurusan Prospektif Buat yang Hobi Menggambar, Karier Cerah Menunggu

Basis data Jawametrik juga dapat menyimpan dan menginformasikan berbagai hal di seluruh dunia yang terkait Jawa sehingga memungkinkan untuk saling terhubung dan berkolaborasi.

Top 10 Universitas Terbaik UNS Jawametrik 2023


1. Universitas Sebelas Maret
2. Universitas Negeri Surabaya
3. Universitas Negeri Semarang
4. Universitas GaDjah Mada
5. Institut Seni Indonesia Surakarta
6. Universitas PGRI Semarang
7. Universitas Indonesia
8. Universitas Negeri Yogyakarta
9. Leiden University
10. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Baca juga: Kisah Putri, Anak Petani Asal NTB yang Bisa Kuliah Gratis di UGM Lewat SNBP 2023

Ketua UNS Jawametrik 2023, Ir. Ary Setyawan menuturkan, UNS Jawametrik digelar sebagai model pemeringkatan kepada institusi dalam dan luar negeri yang konsistem dalam mengembangkan dan melestarikan budaya Jawa.

UNS Jawametrik merupakan model pemeringkatan berbasis IT yang dirancang dengan cermat dan memadai untuk memberikan informasi akurat tentang institusi/lembaga pengembang dan penangkar budaya Jawa di Dalam dan Luar Negeri.

Basis data dan informasi yang berasal dari UNS Jawametrik akan menginformasikan tentang pusat kegiatan dan riset, acara budaya, sumber daya, kepakaran, serta artefak budaya Jawa di seluruh dunia yang memungkinkan lembaga-lembaga tersebut untuk terhubung dan berkolaborasi secara global.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)