9 Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Baru Ikuti Ospek, Jangan Kaget Ya

Sabtu, 29 Juli 2023 - 10:18 WIB
loading...
9 Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Baru Ikuti Ospek, Jangan Kaget Ya
Sejumlah hal perlu dipersiapkan mahasiswa baru sebelum mengikuti Ospek, salah satunya adalah persiapkan mental. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Sejumlah hal ini perlu dipersiapkan mahasiswa baru sebelum mengikuti Ospek . Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau Ospek merupakan kegiatan awal bagi setiap peserta didik yang menempuh jenjang perguruan tinggi.

Ospek dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan pembentukan watak bagi seorang mahasiswa baru. Karena merupakan acara pengenalan terhadap kampus, maka idealnya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa baru. Apa itu? Ini ulasannya mengenai 9 hal yang perlu dipersiapkan mahasiswa baru menghadapi Ospek

Hal yang Perlu Dipersiapkan Mahasiswa Baru hadapi Ospek

1. Persiapkan Mental

Perpeloncoan mungkin sudah tak ada dalam orientasi zaman sekarang, tetapi ada kelompok mahasiswa senior yang memastikan mahasiswa baru disiplin dalam mengikuti rangkaian kegiatan orientasi.

Mereka akan bersuara sedikit lantang ketika ada mahasiswa baru yang melanggar peraturan. Maka dari itu, kamu harus selalu mempersiapkan diri agar mentalmu tidak jatuh. Namun, kedepannya kamu tidak perlu khawatir dengan kakak senior karena biasanya setelah kegiatan Ospek selesai, mereka akan tetap suportif dan membantu adik tingkatnya.

2. Jangan Terlambat Bangun Pagi

Masa orientasi adalah periode pengenalan kehidupan akademik bagi mahasiswa baru. Lingkupnya termasuk belajar disiplin saat masuk kelas. Jadi, kamu harus membiasakan untuk disiplin bangun pagi. Biasanya, saat Ospek apabila kamu bangun terlambat dan akhirnya terlambat pula sampai di kampus, maka kamu akan mendapat hukuman.

3. Siapkan Dresscode atau Seragam Ospek

Saat Ospek, biasanya mahasiswa baru juga diminta mengenakan dresscode tertentu. Baju yang sering dijadikan dresscode adalah atasan kemeja putih dan bawahan berupa celana panjang hitam atau rok hitam. Pastikan seragam yang kamu kenakan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh panitia Ospek, jangan sampai salah dresscode.


4. Jangan Lupa Bawa Alat-Alat Tulis

Jangan lupa membawa alat tulis, seperti buku dan pena yang bisa kamu taruh di dalam tas. Gunanya agar kamu bisa mencatat tugas-tugas dari kakak senior saat Ospek calon maba.

5. Persiapkan dan Perhatikan Jadwal Ospek

Biasanya, mahasiswa baru diwajibkan hadir pagi-pagi sekali dan baru pulang di atas jam enam sore saat Ospek. Di sela-sela waktu tersebut, tentunya ada jadwal Ospek yang tak bisa kamu abaikan begitu saja. Agar kamu tidak lupa, kamu bisa set reminder di handphone.

Manfaatkan aplikasi kalender untuk menandai semua jadwal penting selama rangkaian kegiatan Ospek berlangsung. Kamu juga bisa meminta bantuan orang terdekat, seperti orang tua atau teman untuk mengingatkan jadwal penting selama Ospek calon maba berlangsung.

6. Jangan Lupa Sarapan

Ospek calon maba akan menjadi kegiatan paling sibuk dan padat yang dijalani para mahasiswa baru. Mulai dari berangkat pagi, pulang sore, hingga tugas Ospek yang bejibun. Agar kamu tidak mudah lelah saat menjalani Ospek, usahakan untuk selalu sarapan.

7. Bawa Botol Air Minum

Kegiatan Ospek calon maba biasanya akan berlangsung padat. Kamu akan mengikuti serangkaian kegiatan dari satu tempat ke tempat lain. Oleh karena itu, agar kamu tidak mudah capek dan kelelahan, bawalah botol air minum saat kamu mengikuti kegiatan Ospek.

8. Cari Teman yang Juga Ikut Ospek Denganmu

Sebelum mengikuti kegiatan Ospek calon maba, usahakan carilah teman sebanyak mungkin. Kamu bisa berkenalan di media sosial dengan teman-teman dari satu jurusan, hingga satu kosan yang sama. Kamu juga bisa bertukar kontak supaya semakin akrab.
Hal itu penting untuk kamu lakukan agar saat Ospek nanti kamu bisa mengerjakan tugas bersama teman-teman baru tersebut.

9. Jaga Sikap saat Ospek

Saat mengikuti Ospek calon maba, pastikan kamu mengerti dan mematuhi segala peraturan yang ada. Kamu harus tetap menjaga sikap dan perkataan saat Ospek berlangsung. Gunakan bahasa yang santun saat bertanya kepada senior atau dosen yang memberikan materi. Tak hanya itu, berpakaian yang rapi dan sopan juga perlu kamu perhatikan. Jangan sampai dipandang negatif oleh senior atau dosen.


Contoh Tugas Ospek yang Bisa Jadi Referensi

1.Membuat pom-pom dari tali rafia

2. Membuat papan nama dada dari kardus bekas atau kertas karton

3. Memakai topi petani yang diwarnai

Sisi Positif Ospek yang Perlu Diketahui

1. Membantu mahasiwa baru mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.

2. Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.

3. Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7899 seconds (0.1#10.140)