Prospek Kerja Sastra Jepang dan 5 PTN yang Bisa Dipilih Calon Mahasiswa

Minggu, 30 Juli 2023 - 12:20 WIB
loading...
Prospek Kerja Sastra Jepang dan 5 PTN yang Bisa Dipilih Calon Mahasiswa
Prospek kerja jurusan Sastra Jepang dan 5 PTN yang bisa dipilih calon mahasiswa. Foto/istockphoto.
A A A
JAKARTA - Jurusan kuliah Sastra Jepang ataupun yang terkait dengan Jepang memiliki prospek kerja yang luas bagi lulusannya. Maka jurusan ini pun bisa layak dipertimbangkan oleh calon mahasiswa.

Jepang adalah salah satu negara maju dengan perekonoiman terbesar ketiga di dunia. Hal ini memungkinkan kalian yang ingin belajar Sastra Jepang untuk memiliki peluang kerja luas di masa depan.

Bahkan saat ini Jepang disebut mengalami penurunan populasi namun di sisi lain mengalami peningkatan jumlah warga negara asing. Data Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi Jepang menunjukkan adanya peningkatan WNA sebesar 10.7& menjadi 2,99 juta dari tahun sebelumnya per Juli 2023.

Di Indonesia pun banyak perusahaan-perusahaan Jepang yang berinvestasi dan pastinya membutuhkan tenaga profesional dari berbagai jurusan kuliah.

Dengan adanya kondisi ini, kesempatan bagi tenaga kerja terampil pun dibutuhkan. Jurusan kuliah Sastra Jepang mungkin bisa menjadi rekomendasi bagi calon mahasiswa.

Baca juga: Ini Alasan Jepang Lebih Pilih Tenaga Kerja Asing dari Indonesia

Prospek Kerja Jurusan Sastra Jepang


Dikutip dari laman Brain Academy, berikut ini 5 prospek kerja jurusan Sastra Jepang

1. Penerjemah


Lulusan Sastra Jepang berpeluang besar menjadi penerjemah atau interpreter bahasa Jepang ke Indonesia dan begitupun sebaliknya.

Sebagai penerjemah profesional, kalian dituntut untuk menjaga konten, konteks, dan gaya bahasa agar tak banyak berubah saat diterjemahkan.

2. Menjadi Pegawai Perusahaan Jepang


Saat ini semakin banyak perusahaan Jepang yang beroperasi di Indonesia. Tidak hanya banyak pabrikan mobil terkemuka Jepang yang ada di Indonesia namun banyak industri lainnya.

Lulusan Sastra Jepang pun berkesempatan untuk menjadi pegawai perusahaan multinasional Jepang. Kamu bisa menjadi staff HRD atau staff divisi lainnya di perusahaan Jepang.

3. Pemandu Wisata


Bagi kalian yang senang jalan-jalan dan berinteraksi dengan orang lain, ini merupakan profesi yang cocok.

Kalian bisa menjadi tour guide untuk wisawatan Jepang yang sedang healing ke Indonesia atau menjadi pemandu wisata untuk orang Indonesia yang akan berwisata ke Jepang.

4. Penulis


Potensi kerja lainnya adalah penulis artikel atau buku-buku yang topiknya seputar negara Jepang. Hal ini karena salah satu mata kuliahnya adalah Sastra Jepang dan teknik penulisan yang benar. Dengan begitu lulusanya pun bisa mengembangkan dan memperdalam ilmu tersebut dalam segi menulis.

5. Tenaga Pengajar atau Pendidik


Indonesia pun memiliki sejumlah sekolah yang memiliki mata pelajaran bahasa Jepang. Sehingga peluang kerja lulusan Sastra Jepang pun bisa masuk. Kalian juga bisa menjadi guru privat bahasa Jepang maupun dosen mata kuliah bahasa Jepang atau terkait dengan kebudayaan Jepang.

Baca juga: 4 Negara di Dunia dengan Jumlah Lulusan Doktor Terbanyak
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0770 seconds (0.1#10.140)