5 Beasiswa Luar Negeri yang Tak Pakai Syarat IELTS, Simak Daftarnya!

Senin, 31 Juli 2023 - 06:42 WIB
loading...
5 Beasiswa Luar Negeri yang Tak Pakai Syarat IELTS, Simak Daftarnya!
5 beasiswa untuk kuliah ke luar negeri yang tidak mensyaratkan IELTS. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Terdapat sedikitnya lima beasiswa luar negeri yang tak memakai syarat IELTS . Daftar ini bisa menjadi tambahan referensi bagi Anda yang ingin melanjutkan studi ke luar Indonesia.

Beasiswa luar negeri memang kerap menjadi incaran banyak orang. Pada salah satu persyaratan yang muncul, biasanya sering ditemui harus menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Inggris seperti TOEFL atau IELTS.

Namun, tak perlu khawatir. Bagi Anda yang ingin menghindari syarat seperti IELTS, bisa memilih beasiswa yang tidak mewajibkan ketentuan tersebut. Penasaran? Simak ulasannya berikut ini.

5 Beasiswa Luar Negeri yang Tak Pakai IELTS

1. Global Korea Scholarship (Korea Selatan)


Global Korea Scholarship atau GKS dulunya dikenal dengan sebutan KGSP (Korea Global Scholarship Program). Program beasiswa ini dibuat oleh National Institute for International Education (NIIED), sebuah lembaga eksekutif di bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan.

Baca juga: Beasiswa untuk Dosen, Pendaftaran Program Talent Scouting 2023 Dibuka

Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Korea Selatan kepada mahasiswa Internasional yang ingin kuliah di korea untuk jenjang D2 (Associate Degree), S1, S2, dan S3.

Sejumlah cakupan beasiswa di antaranya adalah tiket pesawat PP, tunjangan kedatangan, tunjangan program pendidikan, tunjangan penelitian, biaya belajar bahasa Korea selama setahun, hingga asuransi.

2. Chinese Government Scholarship (China)

Pemerintah China melalui Chinese Government Scholarship membuka program beasiswa bagi mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi S2 dan S3. Beasiswa ini tidak mewajibkan sertifikat bahasa seperti IELTS atau TOEFL.

Beberapa cakupan beasiswa yang bisa didapat adalah seperti biaya pendidikan, biaya akomodasi, asuransi kesehatan, biaya buku, uang saku, dan lain sebagainya.

3. Mext Scholarship (Jepang)


Beasiswa luar negeri yang tak pakai syarat IELTS berikutnya adalah Mext Scholarship. Beasiswa ini diselenggarakan oleh pemerintah Jepang dan terbuka bagi warga negara asing (WNA).

Terkait jenisnya sendiri, tersedia beberapa program seperti beasiswa S1 (Gakubu), beasiswa penelitian pascasarjana, College of Technology (Kosen), Specialized Training College (Senshu), Pelatihan guru, Kajian Bahasa Jepang, dan lainnya.

Pada cakupan beasiswanya, sejumlah hal yang didapat adalah seperti biaya kuliah (fully-funded), uang saku bulanan, tiket pesawat PP, biaya visa, hingga akomodasi.

Baca juga: 9 Beasiswa Penuh ke Luar Negeri Jenjang S1 hingga S3, Cek Syarat dan Infonya

4. Turkiye Burslari (Turki)


Beralih ke Turki, mereka memiliki program bernama Turkiye Burslari. Beasiswa ini ditawarkan oleh pemerintah Turki untuk berbagai tingkat pendidikan tinggi mulai dari S1, S2, hingga S3.

Terkait cakupan beasiswa, beberapa yang nantinya bisa didapatkan adalah biaya kuliah (fully-funded), kursus Bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan dimulai, akomodasi, tiket pesawat PP, asuransi kesehatan, hingga uang saku bulanan.

5. Brunei Darussalam Government Scholarship (Brunei Darussalam)

Sesuai dengan namanya, program beasiswa ini berasal dari negara tetangga Indonesia, yakni Brunei Darussalam. Jadi, bagi Anda yang berminat bisa langsung mencari tahu informasi lebih lanjutnya.

Cakupan beasiswa yang nantinya bisa didapatkan adalah seperti biaya pendidikan, biaya hidup per bulan, akomodasi, tunjangan buku, uang makan, asuransi kesehatan, dan lainnya.

Itulah sejumlah beasiswa luar negeri yang tak pakai syarat IELTS. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5177 seconds (0.1#10.140)